Disebut Sebagai Sumber Masalah Polri, Begini Sepak Terjang Idham Aziz dan Tito Karnavian

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa menyebut, sistem Polri saat ini hancur lebur karena kinerja buruk 2 mantan Kapolri sebelumnya. Mantan Kapolri Idham Aziz dan Tito Karnavian disebut menjadi sumber masalah Polri.

Sebelum Kapolri  Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjabat, Polri pernah dipimpin oleh Jenderal Bintang Empat; Idham Aziz dan Tito Karnavian. Mantan Kapolri Idham Aziz dan Tito Karnavian disebut sebagai sumber masalah Polri setelah namanya terseret dalam pusaran Kasus Ferdy Sambo.

Menurut Fraksi Partai Gerindra itu, tidak ada istilah isu perang bintang yang saat ini menyeret nama-nama besar petinggi Polri.

Perang bintang menurut saya tidak ada, cuma sistem ini rusak,” kata Desmond saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 9 November 2022.

Katanya, para petinggi Polri malah saling buka kartu truf. Jika demikian, apakah benar sistem Polri saat ini tak karuan?

Menurut Desmond, sistem Polri rusak karena terdapat sumber masalah dari kepemimpinan 2 eks Kapolri sebelumnya, yaitu Idham Aziz dan Tito Karnavian.

Ia bahkan sampai memberi gambaran terkait 7 eks Kapolri yang sebelumnya menjumpai Jenderal Sigit.

Namun hanya Idham Aziz dan Tito Karnavian yang tidak terlihat hadir. Ia mengatakan, dua nama tersebut merupakan sumber masalah Polri sebelum adanya Kasus Ferdy Sambo.

“Kalau kita baca, kenapa para Kapolri, para mantan Kapolri tidak mengajak dua mantan Kapolri lainnya?” kata Desmond.

Ia melanjutkan, “Berarti sudah jelas dong, dua mantan Kapolri yang tidak ikut adalah sumber masalahnya.”

Sambo sebagai Kepercayaan Satgasus Merah Putih

Desmond lalu menyinggung soal keberadaan Satgassus Merah Putih yang telah dibubarkan oleh Jenderal Sigit saat kasus Sambo menjadi perhatian publik.

Satuan tugas tersebut disebut merupakan organisasi yang dibentuk oleh Idham Aziz dan Tito Karnavian. Lalu, Sambo dipercaya sebagai pemimpinnya.

“Kalau kita telusuri Sambo, Sambo itu Satgassus. Siapa yang bikin Satgassus? Ya Tito, ya Idham,” buka Desmond.

Adanya pembentukan organisasi Satgassus Merah Putih tersebut dinilai akar kerusakan dan permasalahan yang saat ini dihadapi oleh Polri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan