Bima Arya Pemimpin Terpopuler versi PR Indonesia

Jabarekspres.com – Wali Kota Bogor Bima Arya dinobatkan menjadi salah satu pemimpin terpopuler versi Public Relations (PR) Indonesia.

Penyerahan penghargaan dilakukan Founder dan CEO PR Indonesia Asmono Wikan kepada Bima Arya dalam malam penganugerahan Jambore PR Indonesia di Grand Empire Palace Hotel, Kota Surabaya, Kamis (10/11).

Asmono Wikan menjelaskan, metode pemilihan tokoh penerima penghargaan dengan cara kuantitatif dan kualitatif serta menggandeng lembaga analisis ternama, yakni Indonesia Indicator.

“Pemilihan kategori pemimpin populer dilakukan dengan cara survey secara kuantitatif. Kami ranking, beliau masuk radar kami. Setelah itu kami lakukan review secara kualitatif, kita cek apakah ada isu negatif, ternyata minim sekali,” ungkap Asmono dikutip Jumat 11 November 2022.

“Dengan keyword yang kami berikan, menghasilkan bahwa Wali Kota Bogor Bima Arya merupakan salah satu sosok yang mempunyai popularitas tertinggi pada kategori pemimpin daerah. Kami berkolaborasi dengan partner kami dalam analisis data dan media monitoring bersama Indonesia Indicator,” imbuhnya.

Sementara itu, Bima Arya menyatakan bahwa di era digital seperti sekarang sosial media mampu menjadi salah satu sarana efektif dalam menyuguhkan informasi, sosialisasi kebijakan hingga berinteraksi dan mendengar masukan dari masyarakat. Tentunya, semua itu juga harus didukung kehumasan yang baik.

“Saya memiliki catatan dan pengalaman. Ketika gagasannya hebat, kebijakannya keren tapi gagal karena tidak ditopang oleh kemampuan komunikasi yang baik. Ada faktor penting dari Humas dibalik setiap kebijakan yang sukses,” sebutnya.

Bima Arya dan Lainnya Terima Piagam Penghargaan

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) itu menilai, PR atau kehumasan harus ditempatkan sebagai prioritas utama dalam kebijakan yang efektif.

“Bertepatan di Hari Pahlawan. Kalau di zaman pahlawan sudah ada sosmed, saya yakin pasti mereka pun memaksimalkan penggunaan sosial media untuk membangun opini, counter serangan-serangan penjajah,” paparnya.

“Oleh karena itu PR-ing, komunikasi itu selalu relevan dan ke depan akan semakin relevan ketika teknologi semakin berkembang, karena kita dijejali simpang siur informasi dan banyak sekali kepentingan,” tambahnya.

Diketahui, selain Bima Arya, terdapat pula nama-nama peraih penghargaan pada kategori lainnya. Seperti Anwar Usman selaku Ketua Mahkamah Konstitusi RI dan Jenderal TNI Andika Perkasa selaku Panglima TNI dalam kategori Kepala Lembaga.

Tinggalkan Balasan