Setelah 2 Tahun Mode Daring, ICAS Fest 2022 Kembali Digelar Secara Luring, Gladi Bersih Disebut Menguras Energi

BANDUNG – Pandemi mulai berangsur pulih, sehingga program Pascasarjana Institut Seni Budaya Indonesia Bandung kembali menggelar International Cultural Arts Space atau yang disingkat ICAS Fest 2022.

Proses geladi bersih pertunjukan karya inovatif sudah dimulai sejak hari Rabu, 9 November 2022 di Gedung Kesenian Sunan Ambu sejak pukul 13.00 WIB.

Karena pada dua tahun sebelumnya diadakan secara daring, ICAS-Fest pada tahun ini akan menjadi obat rindu setelah dua tahun sebelumnya hanya dapat dinikmati dari layar.

Berbagai penampil terlihat bersemangat menyambut acara ini. Saking semangatnya, beberapa penampil sampai tertidur lelap di kursi penonton setelah melakukan prosesi latihan.

Salah seorang panitia yang sekaligus mahasiswa program pascasarjana ISBI Bandung, Eko Budi Prasetyo atau yang akrab disapa Kang Pras mengatakan bahwa semangat membara serta keseriusan latihan berhasil menguras tenaga mereka semua.

Meskipun menguras banyak energi, peserta yang tertidur lelap tersebut tetap terbangun dengan senyum yang merekah indah.
Tak ada tanda-tanda penyesalan lewat senyum kecut maupun raut muka kecewa. Hal ini menjadi bukti bahwa rasa lelah yang dirasakan saat ini sengaja dikorbankan untuk pertunjukan memesona di esok hari.

Banyak pertunjukan yang akan ditampilkan dalam pertunjukan karya inovatif, mulai dari tari; musik; hingga drama musikal atau teater musik. Sebut saja seperti seni musik Garitia’ Grene’, seni tari Halu Oleo, dan drama musikal Ruwat Bumi: Endapan Ingatan.

Uniknya lagi, pertunjukan-pertunjukan ini mengusung corak pluralisme yang menjadi identitas khas Nusantara seperti Garitia’ Grene’ dari ISI Padangpanjang; Baphaang dari UNTAN Kalimantan Barat; Ruwat Bumi: Endapan Ingatan dari program pascasarjana ISBI Bandung; Halu Oleo dari Sanggar 8 Art Sulawesi Tenggara; hingga Sa Papua dari Papua.

Sebaran penampilan dari sabang sampai merauke inilah yang memberikan kesan nasionalisme dari setiap napas pertunjukan yang akan dinikmati oleh para penonton.

Berdasarkan jadwal yang telah beredar, pertunjukan karya inovatif tersebut akan dilaksanakan pada hari Kamis, 10 November 2022 dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 22.15 WIB.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan