Gerhana Bulan Total Selasa 8 November 2022 Bisa Dinikmati di Titik Lokasi Ini

“Pada pukul 18:11 WIB Bulan akan masuk fase gerhana total, dan puncaknya pada 18:18 WIB, dan berakhir pada 18:25 WIB,” ujar Hakim.

Selanjutnya, gerhana Bulan total akan terus berlangsung dengan fase sebagian hingga pada pukul 19:52 WIB, dan akhirnya Bulan akan keluar sepenuhnya dari bayangan Bumi (penumbra) pada pukul 20:49 WIB.

Jadi gerhana Bulan total bisa dilihat di mana saja?

Ia mengatakan fenomene gerhana Bulan total bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia, akan tetapi tidak ada wilayah di Indonesia yang dapat mengamati proses terjadinya secara keseluruhan dari awal masuknya Bulan ke bayangan samar Bumi (penumbra) hingga akhir.

“Kita di Indonesia, hanya dapat menyaksikan gerhana ini ketika bulan sudah masuk ke dalam penumbra maupun umbra Bumi ketika di Lampung, kita dapat mulai mengamati gerhana ini ketika Bulan baru terbit, yang mana ketika itu fase gerhana sudah pada fase puncak gerhana total,” kata Hakim.

Dia mengatakan, pada saat gerhana bulan total terjadi, Bulan akan berwarna kemerahan, atau yang dikenal dengan istilah Blood Moon. Hal ini disebabkan adanya cahaya Matahari yang lolos melewati dan dibelokkan oleh atmosfer Bumi, sehingga Bulan menjadi berwarna kemerahan.

Demikian informasi gerhana Bulan total, Selasa 8 November 2022 dan bisa dilihat di mana saja. (Disway)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan