Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Gerhana Bulan pada 8 November 2022

JABAREKSPRES.COM – Gerhana bulan total di Indonesia disebut akan terjadi pada Selasa 8 November besok. Hal ini berdasarkan data astronomis yang disampaikan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Karenanya umat islam diimbau melakukan sholat Gerhana untuk memperingatinya. Berikut bacaan niat dan tata cara sholat gerhana yang bisa dilakukan pada saat gerhana bulan total.

Gerhana Bulan Total atau khusuful qamar bisa terjadi ketika matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis lurus. dan posisi bumi berada di ttengah-tengah antara bulan dan matahari tersebut.

Di Indonesia sendiri, gerhana bulan total 8 November 2022, disebut memiliki durasi selama 1 jam, 24 menit, 58 detik dan durasi umbral (sebagian + total) selama 3 jam, 39 menit, 50 detik.

Puncak gerhana Bulan total terjadi pada 8 November 2022 dapat disaksikan mulai Jam 18.00 WIB/19.00 Wita, atau 20.00 WIT.

Bagi Umat islam yang akna melaksanakan sholat gerhana, berikut ada petunjuk bacaan niat, dan tata cara sholat gerhana. Yang tidak harus silakukan di masjid secara berjamaah, namun juga bisa dilakukan dirumah.

Karena sholat gerhana merupakan sholat sunah, maka bila tidak menjalankan juga tidak akan mendapatkan dosa.

Dalam pelaksanaannya, sholat Gerhana Bulan dilakukan dengan 2 rakaat sebagaimana sholat pada umumnya. Hanya saja, sholat gerhana dilakukan sedikit berbeda karena dalam 2 rakaat itu terdiri dari 4 kali ruku’.

Bacaan Niat Sholat Gerhana Bulan

Membaca niat merupakan salah satu syarat untuk memulai sholat gerhana. Ada dua niat yang bisa dibacaka, yakni:

1. Niat Sholat Gerhana Bulan Berjamaah

أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامً/مَأمُومًا لله تَعَالَى
Arab-latin: Ushallii sunnatal khusuufi rak‘ataini imaaman/makmuuman lillaahi ta‘aalaa.

Artinya: “Saya sholat Sunnah Khusuf dua rakaat sebagai imam/makmum karena Allah Ta’aalaa.”

2. Niat Sholat Gerhana Bulan Sendirian

أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ لله تَعَالَى
Ushallii sunnatal khusuufi rak‘ataini lillaahi ta‘aalaa.

Artinya: “Saya niat sholat gerhana bulan dua rakaat karena Allah Ta’aalaa.”

Saat mengerjakan sholat Gerhana Bulan, dianjurkan untuk membaca surah Al-Qur’an yang panjang dengan suara yang dikeraskan atau dijaharkan, serta disunnahkan untuk memanjangkan ruku’ dan sujud dengan bertasbih kepada Allah SWT. Lebih lengkapnya, berikut merupakan tata cara sholat Gerhana Bulan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan