Penjelasan Ilmiah Mitos Ibu Hamil saat Gerhana Bulan Total

JABAR EKSPRES – Penjelasan ilmiah mitos Gerhana Bulan bagi ibu hamil. Fenomena gerhana bulan total akan terjadi nanti malam pada 8 November 2022.

Adapun, gerhana bulan total adalah sebuah fenomena langka yang akan dapat disaksikan nyaris seluruh masyarakat Indonesia 8 November 2022 besok.

Dalam kepercayaan sebagian masyarakat Indonesia, ada beberapa mitos gerhana bulan total yang masih dipercayai hingga saat ini, khususnya bagi ibu hamil.

Meski begitu, di zaman modern saat ini sudah banyak yang tidak memercayai mitos gerhana bagi ibu hamil ini dan mencari penjelasan ilmiah dari berbagai mitos tersebut.

Seperti diketahui, fenomena langka gerhana bulan total 8 November 2022 akan terjadi nanti malam.

Hampir semua wilayah di Indonesia dapat menyaksikan gerhana bulan total 8 November 2022, kecuali Aceh, Sumut, Sumbar, dan Bengkulu pada posisi puncak gerhana bulan total besok.

Berikut ini penjelasan ilmiah 6 mitos ibu hamil saat gerhana bulan :

1. Ibu hamil tidak boleh keluar rumah saat gerhana bulan.

Mitos  ibu hamil tak boleh keluar rumah saat gerhana bulan terjadi disebabkan banyaknya roh jahat yang keluar saat gerhana bulan.

Di sisi lain menurut penjelasan secara logika, cahaya bulan yang redup saat gerhana di malam hari bisa membahayakan ibu hamil saat keluar rumah jika tanpa pendampingan khusus.

2. Ibu hamil tidak boleh memegang senjata tajam.

Para ibu hamil disebut-sebut tidak boleh memegang senjata tajam saat gerhana bulan total 8 November 2022.

Sebab, dikhawatirkan ibu hamil bisa terluka akibat senjata tajam itu (pisau, gunting, jarum), dan dikhawatirkan juga berpengaruh pada janinnya.

3. Ibu hamil dilarang mengenakan perhiasan dari logam

Para ibu hamil juga disebut-sebut dilarang mengenakan perhiasan dari logam saat gerhana bulan terjadi.

Belum diketahui maksud mengapa pelarangan itu terjadi hingga saat ini, hanya saja sebagian masyarakat masih memercayainya.

Ibu hamil pada waktu gerhana bulan dan saat kapanpun tidak dilarang mengenakan perhiasan berbahan logam asalkan tidak mempunyai riwayat alrgi pada benda logam. Ibu hamil juga dilarang memakai perhiasan logam yang sudah berkarat.

4. Tidak boleh mandi saat gerhana terjadi

Tinggalkan Balasan