Rumah Ide Pemuda, Mudahkan Anak Muda dalam Berusaha

JabarEkspres.com, BOGOR – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor merilis Rumah Ide Pemuda.

Rumah Ide Pemuda itu bertujuan untuk pembinaan pemuda dalam berwirausaha, di Jajaran Ruko Jalan Tegar Beriman, Cibinong Kabupaten Bogor, Kamis, 3 November 2022.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Asana AP menjelaskan, Rumah Ide Pemuda ini merupakan salah satu gagasan untuk melakukan pembinaan anak-anak muda yang ada di Kabupaten Bogor baik dalam usaha maupun yang lainnya.

“Dulu kan kalau mau konsultasi mengenai usaha, harus lewat bintek-bintek dulu. Nah, sekarang datang langsung ke sini, kita menyiapkan tempatnya,” kata Asna Ap kepada Jabar Ekspres.

Rumah Ide Pemuda ini bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Kabekraf dan UMKM, sehingga memudahkan pemuda untuk berkonsultasi mengenai usaha maupun pengembangan usaha.

Selain itu, ada juga psikologi yang disiapkan di dalam Rumah Ide Pemuda ini untuk para pemuda yang memiliki keluhan masalah keluarga maupun yang lainnya.

“Kami juga mengizinkan para pemuda yang belum memiliki kantor usaha, bisa menggunakan rumah ide kreatif ini, semuanya gratis sampai akhir Desember dan mudah-mudahan di tahun 2023 kita bisa teruskan lagi,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Ketua HIPMI Ahmad Hidayat mengapresiasi, dengan adanya rumah ide pemuda ini menurutnya,  rumah tersebut dapat mengakomodir anak-anak muda di kabupaten Bogor, yang memang sudah mimiliki niat usaha ataupun yang sudah berjalan usaha nya untuk menjadi wirausaha muda.

“Salah satu tugas dari teman-teman hipmi yaitu mentoring anak-anak yang mau usaha salah satunya Nomor Induk Berusaha (NIB) dan yang kedua bagaimana caranya membuat cara akses permodalan dan pemasaran,” ucapnya.

Dirinya menilai untuk menjadi wirausaha muda yang paling sulit yakni dari sisi akses permodalan dan marketing untuk itu rumah ini diharapkan dapat membantu para pemuda dalam berusaha.

“Kalau punya modal aja tanpa ada akses tadi, itu juga mustahil, itulah yang harus kita elaborasi dan kolaborasi kan sehingga rumah ide pemuda ini bermanfaat khususnya anak muda.” Pungkasnya.*** (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan