Ruang Terbuka Publik di Bantaran Sungai, Diharap Bisa Naikkan Indeks Kebahagiaan Warga Bandung

JabarEkspres.com, BANDUNG – Jumlah ruang terbuka publik perlu terus ditambah. Terlebih di kawasan bantaran sungai, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap ke depannya hal itu bisa segera terealisasi.

Lantaran menurutnya, penambahan ruang terbuka publik di bantaran sungai, bakal mampu meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Kota Bandung.

Hal tersebut diungkapkan Yana, seusai menata Sungai Cibodas sekaligus meresmikan ruang terbuka publik, C-Bodas RC Circuit, di Jalan Jejaway, Antapani Kidul, pada Kamis (3/11).

“Selain menaikkan indeks kebahagiaan, (ruang terbuka publik, red) membantu percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi,” ungkap Yana.

Lantas, bukan sekadar menata bantaran sungai, lahan ruang terbuka publik nantinya bisa memberi manfaat besar bagi masyarakat sekitar. Dia menegaskan, hal itu bagi kepentingan dan kebaikan masyarakat.

“Karena bisa saja ada sektor ekonomi yang bertambah di sini. Mudah-mudahan ini bisa dipakai,” tegasnya.

“(Serta) dijaga agar kita kembangkan tempat-tempat tematik untuk komunitas lain. Intinya kita buka ruang publik lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tandasnya.

Bersamaan, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Didi Ruswandi menyebut, pola penataan sungai di Kota Bandung memang dikonsep sekaligus dengan pembangunan ruang terbuka publik.

“Untuk kali ini berlokasi di RT 7 RW 8 Antapani Kidul. Lalu, tanggal 16 November kita juga akan meresmikan ruang vandal dan sempadan sungai, anak kali Citepus di Jalan Soekarno Hatta,” sebutnya.

Sementara itu, penataan selanjutnya bakal dilakukan di Ciko Arena 2 dan 3, yakni pada 26 November mendatang. Termasuk bakal dihadirkan ruang terbuka publik seperti mini voli dan tempat bermain untuk anak.

“Sedangkan (nanti) pada 3 Desember di Rancabolang juga kita hadirkan ruang terbuka di sana dan penataan sungai,” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan