Capres Kebanggan Jawa Barat, Ridwan Kamil Figur Potensial Untuk Pilpres 2024

BANDUNG – Elektabilitas Gubenur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mengalami kenaikan yang cukup siginifikan. Terbukti dari hasil survei yang dilakukan Litbang Kompas.

Hasil survey Litbang Kompas menyebutkan, Ridwan Kamil menduduki peringkat pertama, dalam kategori dibawah 10 persen. Yakni  dengan memiliki torehan angka sebesar 8,5 persen.

Angka ini dibandingkan dengan dua nama besar lainya seperti, Sandiaga Uno dan Andika Perkasa yang hanya memiliki angka dibawah 3 persen.

Menanggapi survei tersebut, Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Firman Manan menjelaskan bahwa hasil tersebut telah menunjukkan elektabilitas Ridwan Kamil mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Meskipun diatasnya dia mengatakan masih ada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Namun dari sejumlah survei yang sempat digelar oleh berbagai pihak, Firman mengatakan nama Ridwan Kamil dinilai sebagai figur calon presiden paling potensial dari Jawa Barat.

“Kalau kita lihat figur Jawa Barat memang yang paling potensial adalah Kang Emil (Ridwan Kamil). Posisi gubernur saat ini, bagaimanapun itu mereseprentasikan (suara) warga Jabar. Jadi sejauh ini, kalau bicara siapa figur Jabar yang paling potensial kelihatannya Kang Emil,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (27/10).

Tak hanya itu, firman mencatat bahwa kenaikan elektabilitas dari gubernur Jabar ini berdasarkan beberapa faktor seperti kinerja dalam penanganan Covid-19 dan aktitifitas komunikasi politik.

“Sehingga pemberitaan kembali masif. Nah itu jadi faktor yang membuat naik (nama Ridwan Kamil), teridentifikasi kembali oleh publik. Jadi itu yang menyebabkan elektabilitas meningkat dibandingkan dengan Sandiaga Uno dan AHY (Agus Harimukti Yudhoyono),” umgkapnya

Maka dengan adanya modal elektabilitas yang tinggi, ia menuturkan bahwa sosok Ridwan Kamil telah memilki peluang untuk dipinang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Jadi kalau bicara peluang masih sangat terbuka. Artinya, survei itu memotret hari ini dan ini masih dinamis, karena pilpres masih Februari 2024,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Berikut hasil survei kandidat capres Litbang Kompas dengan elektabilitas di bawah 10 persen:

1. Ridwan Kamil 8,5 persen, 2. Sandiaga Uno 2,5 persen, 3. Andika Perkasa 2,3 persen, 4. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,2 persen, 5. Tri Rismaharini 1,2 persen, 6. Puan Maharani 1 persen, 7. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) 0,7 persen, 8. Erick Thohir 0,7 persen, 9. Hary Tanoesoedibjo 0,7 persen, 10. Airlangga Hartarto 0,5 persen,, 11. Muhaimin Iskandar 0,3 persen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan