CATAT! Jadwal dan Lokasi ‘Job Fair Kota Bandung 2022’ Ada 4.000 Lowongan Kerja

JABAREKSPRES – Jadwal job fair di Kota Bandung sudah ditentukan untuk tahun 2022 ini.

Informasi ini dilansir dari laman resmi pemerintah Kota Bandung, Kamis (20/10/2022), bahwa Disnaker Kota Bandung sedang mengupayakan untuk mengoptimalkan usia produktif mengingat sudah ada isu resesi yang diprediksi akan banyak PHK terjadi di tahun 2023.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung, Andri Darusman menyampaikan bahwa berdasarkan data Disnaker ngka pengangguran di Kota Bandung hanya 8,11 persen sebelum adanya Covid-19.

Namun, pada Maret 2020 angka pengangguran mencapai 9.000 orang di-PHK.

“Akhir 2021 angka pengangguran naik jadi 11,46 persen atau 153.000 orang. Mudah-mudahan di tahun 2022 ini meski pandemi belum berakhir, perekonomian bisa kembali menggeliat,” jelas Andri.

Banyaknya lulusan SMK dan SMA yang tidak melanjutkan sekolah atau kuliah pun menjadi penyebab naiknya tingkat pengangguran.

Sehingga, upaya pemerintah untuk menekan angka pengangguran tersebut yaitu melalui Job Fair daring dan luring.

Adapun aplikasi Job Fair yang tekag disediakan yaitu  bernama New Bimma.

“New Bimma merupakan aplikasi ketenagakerjaan milik Disnaker. Fungsinya agar bisa diakses masyarakat tanpa perlu jauh-jauh datang ke kantor,” ungkap Marsana.

 

Jadwal dan Lokasi Job Fair di Kota Bandung

Pada tahun 2022 ini, Job Fair di Kota Bandung akan diselenggarakan secara luring. Kegiatan tersebut mulai dari 2-3 November 2022 di Festival Citylink.

“Ada 40 perusahaan yang nanti membuka stan. Tersedia 4.000 lowongan kerja (loker) pada Job Fair kali ini,” jelas Marsana selaku Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Bandung.

Kemudian terkait Job Fair ini juga terbuka untuk umum. Banyak dari SMA, SMK, dan tenaga kerja untuk disabilitas, seperti daksa ringan, tuna rungu, serta tuna wicara.

Paling banyak yang membuka lowongan pekerjaan berasal dari perusahaan ritel seperti Alfamart, Indomarco, dan lainnya.

Para pelamar juga diimbau untuk mempersiapkan beberapa hal agar dapat direkrut oleh perusahaan. Hal ini karena akan ada7 (tujuh) perusahaan yang siap melakukan wawancara secara langsung di tempat (on the spot).

Sehingga para pelamar bisa mempersiapkan portofolio secara lengkap dan berkas-berkasnya.

Para peserta diharapkan membawa ponsel karena akan ada registrasi dengan menggunakan scan barcode.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan