Pemekaran Desa Dijabar Harus Segera Dilakukan

BANDUNG – Memiliki jumlah penduduk yang banyak, Provinsi Jawa Barat membutuhkan pemekaran wilayah sebagai bentuk optimilasasi dalam pemerataan pembangunan dan pelayanan. Khususnya untuk pemekaran desa.

Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru’yat mengatakan, untuk pemekaran wilayah di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi Jawa Barat sudah mengusulkan ke kementerian dalam negeri.

Selain itu, untuk pemekaran di tingkat desa harus dilakukan agar pedesan di Jabar bisa lebih berkembang.

Achmad Ru’yat mengatakan, saat ini jumlah desa di Jabar sebanyak 5 ribu lebih. Jumlah ini dapat dikatakan tidak ideal, mengingat jumlah penduduk di Jabar mencapai 60 juta jiwa.

‘’ini sangat mendesak untuk melakukan kajian dan pemekaran,” kata Achmad Ru’yat dalam keterangan tertulis Humas DPRD Jabar, Selasa.

Achmad menuturkan dirinya mendorong pemekaran desa-desa di Jawa Barat, hal tersebut karena dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 50 juta jiwa tidak sesuai dengan jumlahnya desanya yang berjumlah 5.000.

Dia membandingkan, Jawa barat dengan Jawa tengah dan Jawa Timur dengan jumlah desa 8.000 dengan jumlah penduduk sekitar 32 juta.

Sehingga usulan yang mengemuka pemekaran desa ini sangat sejalan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Selain itu pemekaran mempercepat pembangunan karena dengan jumlah desa seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur itu 8.000 desa. Makanya anggaran desa juga akan lebih bermanfaat untuk desa. Jadi ini harus ditindak lanjuti di pengambilan kebijakan di tingkat provinsi, dan usulan ke instansi terkait,” katanya. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan