Tunggu Kedatangan Jokowi di Pasar Kosambi, Pedagang Minta Turunkan Harga Bahan Pokok

BANDUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan Kunjungan Kerja (kunker) ke Kota Bandung pada Kamis 13 Oktober 2022. Orang nomor satu di Indonesia ini dijadwalkan akan mengunjungi beberapa tempat di Kota Bandung, salah satunya Pasar Tradisional Kosambi.

Dalam kunjungannya ke Pasar Kosambi, diketahui Presiden Jokowi akan memberikan subsidi berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para pedagang.

Sehingga dengan adanya kunjungan tersebut, salah satu penjual sayur bernama Elly, 57, meminta kepada Presiden Jokowi agar dapat melakukan penekanan harga khususnya sayuran.

Sebab, Elly menjelaskan, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat kenaikan harga bahan pangan seperti cabai rawit, cabai tanjung, hingga bawang merah.

“Sekarang sudah pada naik kaya cabai keriting kemarin Rp 60.00 sekarang Rp 70.000 Per kilo. Cabai tanjung juga sama sekarang naik jadi Rp 70.000. Terus, bawang merah dari Rp 35.000 sekarang jadi Rp 36.000,” ucapnya saat ditemui di lapak dagangannya, Kamis (13/10).

Dengan adanya kunjungan ini, Elly akan meminta kepada Presiden Jokowi agar memperhatikan rakyat kecil khususnya kepada para pedagang di pasar.

“Minta perhatian lah ke rakyat kecil, apalagi sekarang barang-barang udah pada naik, mudah-mudahan ada perhatian dan ada bantuan. Karena pedagang minta ini saja ke bapak presiden supaya harga (sayuran) jangan mahal saja,” imbuhnya

Sementara menurut pedagang tahu di lokasi tersebut, Sutisna, 70, berharap dengan adanya kunjungan ini, Presiden Jokowi berharap dapat memberikan kabar baik. Apalagi, kata dia, kondisi saat ini harga kacang kedelai mengalami kenaikan.

“Sudah repot sekarang karena, harga kacang kedelai udah 15 ribu sekilo. Terus sekarang tahu juga harganya Rp 2.000 dari Rp 1.700. jadi naik 300. Tapi kadang-kadang juga Rp1.800 dijual daripada enggak laku,” jelas Sutisna.

Selain mengeluh soal kenaikan harga, Sutisna mengaku saat ini daya beli konsumen khususnya tahu dirasa mengalami penurunan.

“Karena sekarang pembeli banyaknya mau yang murah yang harganya Rp 5.000 satu bungkus (tahu). Tapi kan sekarang, sudah Rp 12.000 satu bungkusnya,” keluhnya lagi.

Diberitakan sevelumnya, Presiden Jokowi diagendakan mengunjungi Pasar Kosambi Bandung hari ini (13/10)pada Pukul 13.00 WIB dengan didampingi oleh para kepala daerah seperti Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan