Pertalite Ikut Turun? Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Terbaru

Jabarekspres.comPT Pertamina (Persero) telah menurunkan harga Pertamax dari Rp 14.500 per liter menjadi Rp 13.900 per liter. Turunnya harga minyak mentah dunia mendorong turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia, khususnya untuk BBM sejenis RON 92 atau Pertamax Cs. Lalu, apakah harga BBM Pertalite akan ikut turun?

Harga minyak mentah dunia belakangan ini cenderung dalam tren penurunan. Dibanding bulan sebelumnya, harga minyak mentah dunia di pasar internasional sudah berada di level US$ 80-an per barel.

Baca Juga: Vivo Bakal Jual BBM RON 90 Tandingan Pertalite, Harganya?

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Tutuka Ariadji menyatakan, bahwa harga BBM Pertalite bisa saja turun, asalkan harga minyak mentah dunia itu mengalami penurunan yang drastis.

“Pertalite itu kan harganya memang subsidi dan di bawah harga keekonomian, masih jauh dari harga keekonomiannya. Kalau harga minyak turun banget bisa aja (harga Pertalite turun),” jelas Tutuka dalam Rapat Kerja Nasional Kebijakan Satu Peta di Jakarta, Selasa (4/10).

Baca Juga: Heboh Pertalite Lebih Boros? Ini Hasil Uji Sampel Pemerintah

Harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) pada bulan September 2022 ditetapkan sebesar US$ 86,07 per barel, turun sebesar US$ 8,10 per barel dari US$ 94,17 per barel pada bulan Agustus 2022. Harga tersebut ditetapkan berdasarkan perhitungan Formula ICP.

Penetapan ini tercantum dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 140.K/MG.03/DJM/2022 tentang Harga Minyak Mentah Indonesia Bulan September 2022 tanggal 3 Oktober 2022.

Baca Juga: Cek Perbandingan Harga BBM Hari ini di SPBU Pertamina, Shell dan Vivo

Sebelumnya, Pengamat Ekonomi dan Energi dari Universitas Gajah Mada (UGM), Fahmy Radhi menyebutkan bahwa, nilai subsidi pemerintah membengkak sampai Rp 502 triliun itu lantaran pada bulan-bulan lalu, harga minyak mentah dunia melonjak naik atau berada di atas level US$ 100 per barel.

“Turunnya harga minyak mentah dunia di level US$ 80 per barel mestinya menurunkan subsidi,” ungkap Fahmy.

Fahmy menilai dengan turunnya harga minyak mentah dunia, harga BBM Pertalite bisa turun Rp2.500 per liter atau menjadi Rp7.500 per liter dari yang saat ini Rp10.000 per liter. “Penurunan Pertalite sekitar Rp. 2.500 dan Pertamax sekitar Rp 2.300 per liter,” tegas dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan