DPRD Jabar: Nilai-Nilai Pancasila Harus di Pupuk Sejak Dini

BANDUNG – Dalam momentum Hari Kesaktian Pancasila, Ketua DPW PKS Jawa Barat, Haru Suandharu mengajak seluruh generasi muda menjunjung tinggi dan mengaplikasikan nilai-nilai yang tertuang dalam Pancasila.

Haru mengatakan, sangat disayangkan tidak sedikit masyarakat yang hafal dengan Pancasila namun tidak memahami bagaimana cara mengaplikasikannya.

Padahal, dijelaskan Haru, tanpa disadari kebiasaan baik yang dilakukan masyarakat dan terus di pupuk sampai hari ini, memiliki nilai-nilai penting yang tertuang dalam Pancasila.

“Seperti menolong sesama tanpa memandang suku, bangsa, ras, jenis kelamin apalagi agamanya, ini sudah termasuk pengaplikasian dari nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ini perlu di pertahankan,” jelasnya di Bandung, Sabtu (1/10).

Haru pun menegaskan, pemahaman nilai nilai Pancasila harus terus di pupuk sejak dini, mengingat Pancasila merupakan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mungkin kita tidak mengalami masa penjajahan itu, masa masa perjuangan itu, apalagi anak anak kita. tetapi nilai nilai perjuangan, nilai-nilai dari Pancasila sudah seyogyanya terus di ajarkan kepada anak turun kita sejak saat ini,” tegasnya.

Ia pun memastikan, jika ideologi bangsa yakni Pancasila di gantikan dengan ideologi lain, maka runtuhnya NKRI menjadi kepastian yang akan dihadapi bumi ibu pertiwi.

“Jangan sampai Pancasila ini di gantikan dengan Ideologi ataupun paham apapun, karena Pancasila lah yang menyatukan segala perbedaan di Indonesia,” tandasnya. (win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan