Maulid Nabi 2022 Jatuh Tanggal Berapa? Bolehkan Memperingati Kelahiran Nabi Muhammad SAW

JABAREKSPRES.COM – Peringatan Maulid Nabi atau hari kelahiran nabi Muhammad SAW, selalu jatuh pada 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriah. Sementara dalam kalender nasional atau kabisat, perlu diketahui Maulid nabi tahun 2022 akan jatuh pada tanggal berapa.

Untuk mengetahuinya kita hanya perlu menyesuaikan kalendernya, yakni maulid nabi tahun ini akan jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri Nomor 375 Tahun 2022.

Hal ini berarti peringatan Maulid Nabi 2022 hanya tinggal hitungan hari. Dalam peringatan Maulid nabi Muhammad SAW, umat muslim dianjurkan melakukan amalan baik.

Meski ada beberapa kalangan yang menganggap maulid nabi hanya peringatan kelahiran biasa, dengan berdasarkan dalil bahwa pada jaman Nabi masih hidup pun tidak ada anjuran untuk memperingati hari kelahiran Beliau secara besar-besaran.

Meski begitu, Maulid nabi tetaplah sebuah peringatan besar, lahirnya seorang khalifah utusan ALLAH, karenanya harus melakukan amalan baik dihari tersebut.

Adapun amalan saat Maulid Nabi, tertuang dalam firman Allah SWT:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Inna allaaha wamalaa-ikatahu yushalluuna ‘alaa alnnabiyyi yaa ayyuhaa alladziina aamanuu shalluu ‘alayhi wasallimuu tasliimaan

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman. Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya. (QS. Al Ahzab: 56)

Selain itu, berikut amalan yang dianjurkan bagi umat muslim dalam memperingati Maulid Nabi.


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *