Intip Besaran Gaji Kurir Shopee Express, Tertarik?

Jabarekspres.com – Beberapa waktu lalu ramai orang mempertanyakan PHK massal Shopee dan mungkin banyak yang penasaran berapa besaran gaji karyawan Shopee termasuk kurir Shopee Express.

Shopee sendiri merupakan platform belanja digital atau online dan tak hanya itu, platform oranye itu menyediakan kurir untuk pengiriman barang yakni Shopee Express.

Proses pengiriman barang yang sudah dipesan pembeli akan langsung ditangani tim resmi Shopee. Otomatis, barang pesanan konsumen akan di packing, diberi alamat dan dikirim oleh tim Shopee memakai bungkus yang seragam.

Gaji sebagai kurir Shopee Express pun peraturannya sama seperti profesi lain, harus mengikuti upah minimum di masing-masing daerah.

Bisa dikatakan jika gaji sebagai kurir di Shopee Express ini tergolong tinggi dalam profesi kurir, karena kisarannya berada di atas rata-rata upah minimum regional (UMR).

Kurir Shopee Express pun menerima insentif dalam pekerjaannya serta ada komisi. Jika dilihat melalui tipkerja.com, perolehan gaji rata-rata para kurir oranye di kisaran Rp3.700.000 hinga Rp4 juta.

Gaji tersebut ialah gaji pokok yang diterima oleh kurir Shopee Express. Untuk menunjang kinerja, insentif pun disediakan oleh Shopee untuk para kurirnya.

Dilansir dari katadata.com, besaran gaji kurir Shopee ini tergantung pada jumlah paket yang dikirim. Setiap berhasil mengantar paket, kurir Shopee bertambah Rp2.213.

Seperti contoh dalam sehari kurir tersebut bisa mengirim 30 paket, maka ia akan mendapat tambahan penghasilan sebesar Rp66.390.

Jika di kalkulasikan dalam 22 hari kerja, jumlah upah insentif yang bisa diperoleh mencapai Rp5.160.580 ketika kurir tersebut secara konsisten mampu mengantar 30 paket per hari.

Bahkan dengan ditambah adanya gaji pokok. Besaran upah pun bisa meningkat seiring dengan semakin banyak paket yang diantar.

Tak heran banyak yang menyebut, kurir Shopee Express dapat meraup pendapatan hingga sebesar Rp6 juta per bulannya.

Namun perlu diketahui adapun tugas dan tanggung jawab kurir Shopee sebagai berikut:

  • Melakukan pengecekan administrasi paket yang akan dikirim agar sesuai alamat tujuan dan penerimanya nanti.
  • Menyusun paket sesuai rute perjalanan agar tidak perlu berbalik arah dan efisien waktu.
  • Mengirimkan paket sesuai tujuan dengan hati-hati dan memperhatikan apakah paket termasuk barang pecah belah atau tidak.
  • Memastikan penerima telah mengonfirmasi penerimaan paket dengan aman.
  • Menyertakan bukti foto penerimaan berupa alamat rumah, nomor rumah atau foto penerima jika berkenan agar bisa dipertanggung jawabkan ke database Shopee.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan