Geger Shopee PHK Masal, Simak 3 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan Jika Kena PHK

Jabarekspres – Shopee PHK masal dan saat ini menggemparkan jagad dunia maya terkait perusahaan tersebut yang melakukan lay-off terhadap para karyawannya di tahun 2022 ini.

Tidak diketahui secara pastinya berapa banyak karyawan Shopee yang telah diberhentikan. Namun saat ini, banyak beberapa karyawannya yang telah diberhentikan itu mengunggah beragam konten video terkait momen terakhirnya bekerja di Shopee.

Menurut berbagai sumber, Shopee melakukan PHK terhadap beberapa karyawannya itu dengan alasan sebagai langkah efisiensi karena perusahaan melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

Namun, hal ini tentunya membuat karyawan menjadi kehilangan pekerjaannya dan mendapatkan tantangan kembali untuk mencari pekerjaan baru.

Salah satu influencer Vina Maulina melalui akun TikTok nya @vmuliana memberikan tanggapan dan kiat-kiat yang harus dilakukan setelah terkena PHK di perusahaan:

  1. Luangkan waktumu untuk bisa pulih (Take your time to recover)

Dalam momen ini jangan lupa kamu dapat meminta surat keterangan dari tempat kerja sebelumnya bahwa kamu di PHK bukan dipecat. Sehingga hal ini akan tetap menjaga kredibiltas yang kamu miliki.

  1. Ketika sudah siap bekerja kembali, jangan takut melakukan inisiatif menghubungi HR terlebih dahulu / expert via e-mail dan LinkedIn
  2. Kamu dapat menyoroti atau highlight keahlian dan pengalaman atau project based experience yang kamu miliki.

Dalam hal ini kamu dapat menjelaskannya melalui CV yang kamu miliki. Salah satu caranya yaitu dengan  membuat skill kunci, pengalaman atau project yang pernah dikerjakan, pengalaman kerja dan data lainnya.

Shopee PHK masal karyawannya membuat vina juga mengungkapkan pada video yang diunggah pada 23 September 2022 itu bahwa terkena PHK memang tidak lah mudah, namun langkah-langkah di atas bisa menjadi salah satu solusi yang bisa dipersiapkan atau dilakukan bagi karyawan yang terkena PHK.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan