TTG Unggulan Asal Ciamis Perketat Saingan Lomba TTG Nasional

BANDUNG – Samsul Zuhri, inovator Alat Perontok Padi Portable & Minimalis dari Desa Baregbeg Kec. Lakbok Kab. Ciamis tampil sebagai perwakilan Jabar pada kategori TTG Unggulan di hari ketiga penyelenggaraan Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional.

Sehari sebelumnya duet Kang Wahyu dan Deliar Noer telah menuntaskan lombanya pada kategori TTG Inovasi dengan inovasinya yang dinamai “Kupclang” atau Alat Pengupas Kolang Kaling dalam upaya mendorong peningkatan jumlah kapasitas produksi buah kolang kaling dan mengimbangi tingginya permintaan pasar.

Mengawali paparannya, Samsul Zuhri yang merupakan anggota komunitas pemuda tani Lare Terbis di Desa Baregbeg, menjelaskan latar belakang pembuatan alat perontok padi portabel ini.

“Saya sebagai orang yang terlahir dari keluarga petani sudah sepantasnya memberikan kontribusi nyata terhadap pertanian,” kata Samsul di DPMD Jabar, Kota Bandung, Rabu (21/9).

Menurutnya tujuan diciptakannya alat perontok padi ini adalah untuk menjembatani para petani dengan teknologi pertanian yang sesuai dengan kearifan lokal.

Ia juga mengungkapkan cita-cita besarnya dengan adanya alat perontok padi portabel dan minimalis ini dapat menggugah para pemuda desa agar mau terjun menjadi petani.

Hingga saat ini alat perontok padi yang diciptakannya sudah dipasarkan sebanyak 700 unit ke berbagai daerah di Jabar dan provinsi lainnya.

“Sebanyak 534 unit sudah laku terjua di kalangan para petani, dan 153 unit lainnya dibeli oleh Pemkab Ciamis, Balai Mekanisasi Pertanian Jabar, dan perorangan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan alat perontok padi,” jelas Samsul Zuhri.

Sepanjang paparannya, Samsul Zuhri mendapat dukungan langsung dari Sekdis DPMD Kabupaten Ciamis Susi Mauludayani, SP., MP dan Kabid Pengembangan Potensi Desa beserta jajarannya.

Saat paparan dan menjawab pertanyaan yang diajukan para dewan juri, Samsul Zuhri bisa menjelaskannya secara lugas sehingga mendapat aplaus dari pendukungnya yang hadir di Aula Mutawali DPMD Jabar.

Sebelumnya, Bupati Ciamis Drs. H. Herdiat Sunarya memberikan dukungannya melalui tayangan video untuk kesuksesan Samsul Zuhri dalam Lomba TTG Tingkat Nasional.

“Semoga apa yang dilakukannya mewakili bermanfaat bagi masyarakat Ciamis khususnya, dan Indonesia pada umumnya,” ujar Herdiat Sunarya menutup sambutannya.(win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan