Kunjungi Jawa Barat, Menteri Hadi Tjahjanto Pastikan Pelayanan Lebih Transparan dan Mudah

BANDUNG – Mengawali agenda di Provinsi Jawa Barat, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto mengunjungi Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Barat, di Kota Bandung, pada Kamis (8/9).

Kedatangan Menteri Hadi Tjahjanto disambut hangat oleh Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat, Dalu Agung Darmawan serta beberapa jajaran Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) se-Jawa Barat.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa saat ini pelayanan di Kementerian ATR/BPN sudah lebih transparan dan semakin mudah.

“Kunjungan saya ke Kanwil dan Kantah untuk melihat sejauh mana program-program yang sudah kita sepakati bersama dan sudah saya perintahkan terkait pelayanan masyarakat,” kata Hadi.

Dia meminta kepada seluruh Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat dan Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat untuk segera mendorong percepatan program Reforma Agraria, sehingga dalam menentukan lokasi prioritas bagi masyarakat benar-benar bisa segera terealisasikan.

“Segera lakukan percepatan, lakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, segera kita redis, sehingga masyarakat memiliki kepastian hukum bahwa tanah yang mereka duduki sudah bersertifikat dan berhak untuk menggarap di wilayah itu,” tegas Hadi Tjahjanto.⁣

Salah satu yang akan menjadi fokus Menteri ATR/Kepala BPN adalah terkait lahan sawah dilindungi (LSD) yang masuk RTRW. Sehingga wilayah kuning dan berubah menjadi hijau yang berakibat langsung kepada pengembangan dan masyarakat.

“Oleh sebab itu, saya tekankan agar daerah selalu berkoordinasi dengan kantor pusat tentang lahan sawah yang dilindungi tersebut,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Menteri ATR/Kepala BPN meninjau loket pelayanan yang tersedia di Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat.

Hadi Tjahjanto meninjau sejauh mana pelaksanaan program-program terkait kegiatan pelayanan pertanahan yang ada di Kantor Pertanahan Kota Bandung termasuk bagaimana pelaksanaan program prioritas Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran).

Agenda di Jawa Barat dia lanjutkan dengan mengunjungi Kantah Kota Bandung. Dalam kunjungan ke Kantah Kota Bandung, Hadi Tjahjanto meninjau loket pelayanan pertanahan serta menyapa masyarakat yang hadir secara langsung. (win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan