Belum Meratanya Kesetaraan Hak, Kawan Individu Spesial Diberi Motivasi Lewat Film

JabarEkspres.com, BANDUNG – Bangun kesetaraan hak, komunitas Peduli Anak Spesial (KPAS)-PlaAstro bersama Severe and Profound Impairment Collective Empowerment (SPICE) Indonesia, selenggarakan kegiatan NO SENSASI (Nonton Sinema Inspirasi).

Penyelenggara acara dari KPAS, Sho Diana Sofian mengatakan, kegiatan nonton film bareng itu, bertujuan membangun motivasi orang disabilitas atau lebih akrab disapa individu spesial.

“Kami menyelenggarakan Program Nonton Bareng bersama Individu Spesial yang mencerminkan pribadi hebat,” kata Diana, Rabu, 21 September 2022.

“Nonton bareng ini kita tayangkan film yang bertajuk Miracle in Cell no 7,” tambahnya.

Diana mengaku, kegiatan tersebut mendapat banyak dukungan berbagai pihak, baik dari komunitas lain seperti Sahabat Langit hingga Sahabat Uncle Teebob.

“Film yang tidak hanya sekedar tontonan melainkan tuntunan, meski fiktif tetapi inspiratif, memberikan motivasi untuk menguatkan,” ujarnya.

Diana menjelaskan, pada pelaksanaan nonton bareng tersebut, peserta terdiri dari 100 ragam individu spesial yang didampingi oleh orangtua atau kerabat dekat untuk membantu kemandiriannya.

Dalam pantauan Jabar Ekspres, pelaksanaan dilakukan di studio 5 sinema Bandung Trade Canter (BTC) Mall. Terlihat ruangan bioskop cukup meriah oleh antusiasnya para peserta NO SENSASI.

Momen hangat sangat terasa ketika para peserta mengantre untuk mendapatkan camilan serta minuman di dalam ruang bioskop.

Raut wajah anak-anak individu spesial terlihat riang, beberapa tertawa lepas dan sebagian fokus menyantap camilan sambil menyiapkan posisi dukuk yang nyaman sebelum film dimulai.

Para orangtua dan kerabat masing-masing individu spesial seakan enggan kehilangan momen hangat, sebab hampir semua mengabadikannya dengan foto serta video menggunakan gawai.

Barisan paling depan sudah disusun untuk individu spesial yang menggunakan kursi roda, bagian tengah hingga ujung atas kursi bioskop diduduki peserta dengan beragam individu spesial lainnya.

Sementara itu, masih penyelenggara acara, dari SPICE Indonesia yang bergerak di bidang pemberdayaan kolektif untuk individu spesial level berat, Ogest Yogaswara menyampaikan, nonton bareng supaya memperkuat kebersamaan.

“Tujuan utamanya adalah berbagi kebahagiaan dalam kebersamaan kepada kawan individu spesial yang kesulitan beraktivitas di luar rumah,” ucap Ogest.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan