Viral di Medsos, Gedung Merdeka dalam Kondisi yang Mengkhawatirkan

JabarEkspres.com, BANDUNG – Baru-baru ini pengguna sosial media dikejutkan dengan sebuah video yang menunjukkan kondisi terkini Gedung Merdeka, Kota Bandung.

Sebagai mana yang dilihat di salah satu unggahan video di sosial media milik @txtdariband***, kondisi Gedung Merdeka kini kian memprihatinkan bahkan nyaris ambruk.

Bahkan dari video itu terlihat beberapa ruangan dan plafon di Gedung merdeka telah rusak dan bocor saat diterjang hujan.

Sehingga, video tersebut kini telah ramai dibincangkan oleh para pengguna sosial media.

Bahkan, warga net pun menyayangkan kondisi yang kini menjadi ikon Kota Bandung itu tidak terawat.

“@ridwankamil tolong dibenahi Pak (Ridwan Kamil), mau ajak anak-anak ke sana. Nanti mereka sedih kalau enggak sesuai bangunannya. Takut salah fokus malah ke masalah bangunannya,” tulis pemilik akun @armezahf****.

“Pengen banget ke museum ini belum dikasih kesempatan, masa sih padahal tempat bersejarah kaya gini enggak dirawat dengan baik, Braga aja dibagusin giliran tempat kaya gini enggak diurus,” ujar pemilik akun lainnya @Auliat****.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Museum Konferensi Asia Afrika, Dahlia Kusuma Dewi, membenarkan bahwa kondisi Gedung Merdeka Saat ini tengah mengalami kerusakan.

Namun dia mengaku, saat ini beberapa bagian yang mengalami kerusakan tengah dilakukan perbaikan

“Jadi karena ini kan gedung cagar budaya, jadi prosesnya (perbaikan) waktu itu agak panjang,” ujarnya Rabu, 21 September 2022.

Akan tetapi, Dahlia mengaku pihak dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sejak pertengahan 2022 sudah siap untuk melakukan perbaikan di beberapa titik yang mengalami kerusakan.

“Cuman harus izin dulu, karena ini (Gedung Merdeka) cagar budaya. Dan di sini itu ada tim ahli cagar budaya,” pungkasnya.*** (San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan