Kompor 450

 

Sri Wasono Widodo

Masyarakat Samin yang paling terkenal teguh memegang budaya Samin bukanlah dari Bojonegoro – Cepu dan sekitarnya, melainkan dari Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora. Di Kampung Samin masih dipegang teguh budaya Samin yang mengutamakan kejujuran dan kesederhanaan. Hal ini tidak lepas dari ajaran “sedulur sikep” atau Saminisme, yang dipelopori Samin Surosentiko yang mengobarkan perjuangan menentang Belanda pada awal tahun 1907. Perlawanan dilakukan dengan mengobarkan semangat untuk tidak membayar pajak pada penjajah Belanda, yang dengan cepat menyebar ke daerah sekitarnya, termasuk Rembang, Bojonegoro, Ngawi, Pati dan Kudus. Pakaian adat Samin ini menjadi ikon pakaian tradisional Blora sampai sekarang. Samin Surosentiko sendiri akhirnya dibuang oleh pemerintah Belanda ke Sawahlunto Sumbar, yang kemudian di sana dikenal dengan Mbah Suro. Dia adalah mandor “Orang Rantai” pekerja paksa dari penjajah Belanda di tambang batubara. Lubang Mbah Suro ini terkenal sampai sekarang.

 

Agus Suryono

SAMINISME, BELUM DIPATENKAN.. Saminisme adalah ajaran salah satu suku di Indonesia, yaitu para keturunan Samin Surosentiko. Inti ajarannya merupaksn bentuk PERLAWANAN terhadap BELANDA, dalam BENTUK LAIN, tanpa PERLAWANAN, yang mereka sebut AJARAN SEDULUR SIKEP. Kalau ada orang Amerika menjalankan ajaran SAMINISME ini, tentu mereka tidak tahu kalau sikap itu merupakan praktek dari ajaran mbah SAMIN SURO SENTIKO. Soalnya belum di-PATENKAN sih.. He he..

 

Agus Suryono

Pilih salah satu, yang menurut Anda tidak tahu ajaran Saminisme.. 1) BANON, 2) SAMBO, 3) TRUMP, 4) BIDEN.. Pemenang tidak akan diumumkan. Dan tidak ada hadiahnya. Tapi, anda boleh ikutan menjawab..

 

EVMF

Seorang ilmuwan politik Harvard Daniel Ziblatt menjelaskan mengapa GOP (Grand Old Party) harus melakukan reformasi jika ingin memperbaiki demokrasi. Partai konservatif dalam sistem demokrasi sebagian besar kurang dihargai karena demokrasi cenderung berkembang ke arah yang lebih setara, sedangkan partai-partai konservatif seringkali cenderung yang mendikte. Politik demokrasi pada intinya selalu tentang menavigasi ketegangan antara stabilitas dan kemajuan. Ketika partai-partai konservatif terlalu lemah untuk mengendalikan elemen-elemen mereka yang radikal, maka demokrasi cenderung akan ternodai. Reformasi konstitusi mungkin menjadi satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah yang rumit ini. www.vox.com trump-republican-party-american-democracy-daniel-ziblatt

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan