Viral, Turis Asing Kencing Di Kawah Bromo

Jabarekspres.com- Turis asing kencing sembarangan di kawah Gunung Bromo

Ada-ada saja yang dilakukan oleh turis asing, beredar video viral karena perilakunya di Indonesia. Beberapa waktu lalu, beredar sebuah video seorang wisatawan dari Eropa yang berkunjung ke Gunung Bromo. Ia sengaja membuat konten kencing. Entah apa maksud dan tujuannya membuat konten tersebut Turis Asing Kencing sembarangan tersebut. 

 

Kawasan itu sebenarnya memang dinilai sakral oleh masyarakat Suku Tengger. Bagaimanapun, itu tak menghentikan mereka dari buang air kecil sembarangan di area kawah. Ia malah sengaja mempertontonkan aksinya yang kurang terpuji tersebut.

 

Padahal, Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Sarif Hidayat, ada lebih dari satu toilet umum di kawasan tersebut.

Akhirnya pelaku melakukan permintaan maaf atas aksi tak terpuji

Turis asing itu mengunggah videonya lewat akun Instagram @hometown.earth secara terang-terangan. Mereka adalah WNA yang diduga berasal dari Austria.

 

Dari situ, banyak kecaman muncul dari netizen yang melihatnya. Setelah berbagai serangan komentar, mereka meminta maaf lewat Instagram Story-nya.

 

“Apa yang terjadi adalah tindakan bodoh dan kami jelas-jelas tak memikirkan latar belakang budaya, sejarah, dan spiritual Gunung Bromo bagi masyarakat di sana,” tulis mereka. Banyak netizen mengaku geram dengan aksi tidak terpuji tersebut. Bahkan banyak juga yang langsung menyerang akun tersebut.

 

“Kami benar-benar merasa malu dan menyesal sudah menghina kepercayaan, budaya, dan tempat suci bagi kalian dengan cara yang menjijikkan. Tolong maafkan kami,” tambah akun itu.

Aturan yang tertera jelas di kawasan Gunung Bromo

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), seperti tempat wisata pada umumnya memiliki aturan untuk para pengunjung.

 

Aturan-aturan tersebut pun muncul secara jelas di situs web resminya. Tak hanya untuk turis domestik, aturan itu juga tertera dalam bahasa Inggris untuk turis asing.

 

“Kawasan TNBTS merupakan kawasan yang dihormati dan disucikan oleh masyarakat Tengger. Sehingga, seyogianya pengunjung atau siapa pun juga yang berkunjung arau bertamu ke lokasi tersebut menjunjung tinggi dan menghormati kesakralan lokasi-lokasi sekitar,” ujar Sarif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan