Sejarah Hari Olahraga Nasional Berawal dari Gagalnya Bertanding di Olimpiade London

Editor:

JAKARTA – Sesuai sejarah tak terlupakan, Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September di Indonesia.

Tujuan memperingati Haornas ini tentu saja untuk memantik semangat sportivitas masyarakat Indonesia dalam berolahraga.

Sama seperti hari-hari peringatan nasional lainnya, ada sejarah Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diperingati setiap tanggal 9 September.

Haornas jatuh pada tanggal yang sama dengan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama di Indonesia, yakni tanggal 9 sampai 12 September 1948 lalu di Kota Solo, Jawa Tengah.

Tanggal 9 September diketahui menjadi awal diselenggarakannya PON, akhirnya ditetapkan juga sebagai Haornas yang selalu diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia.

Menurut sejarah, seharusnya pada bulan September itu para atlet Indonesia ikut serta dalam ajang Olimpiade London tahun 1948.

Tetapi karena ketika itu kemerdekaan Indonesia belum sepenuhnya diakui oleh dunia, maka mereka pun tidak bisa bertanding sebagai wakil Indonesia.

Para atlet nasional baru bisa bertanding jika menggunakan paspor Belanda. Namun para atlet Indonesia menolak gagasan tersebut. Mereka hanya ingin bertanding sebagai wakil resmi Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.