Raja Charles Pilih Disebut dengan Nama Panggilan Sejak Lahir

INGGRISRaja baru Inggris ingin dikenal dengan sebutan yang berasal dari namanya sejak lahir. Yakni, Raja Charles III. Dia merupakan putra sulung Ratu Elizabeth II yang menggantikan takhta kekuasaan Inggris saat ini.

Charles diangkat menjadi raja baru Inggris setelah kematian sang Ratu pada Kamis (8/9). Charles Philip Arthur George lahir pada 1948. Dia merupakan Pangeran Wales terlama sebagai pewaris takhta Inggris.

Demikian dikutip dari kantor berita anggota OANA, Anadolu, pada Jumat (9/9). Dalam tradisi Kerajaan Inggris, raja baru dapat memilih nama agung yang berbeda dari nama lahir.

Namun, Charles ingin dikenal sebagai Raja Charles III setelah resmi berkuasa.

Setelah Charles menjadi raja, putra sulungnya yaitu Pangeran William menjadi Duke of Cornwall. Gelar tersebut dipegang oleh pewaris takhta pertama.

Di Inggris, pewaris takhta juga diberi gelar Pangeran Wales oleh raja yang berkuasa. William dapat dikenal sebagai Pangeran Wales jika ayahnya menganugerahkan gelar tersebut.

Berita meninggalnya Ratu Elizabeth II mengejutkan dunia, meski sebelumnya sudah tersiar kabar tentang sakitnya mendiang sang ratu. Setelah kepergiannya, maka tahta kerajaan Inggris akan turun ke tangan Putra Mahkota yakni Charles. Kini Charles akan bergelar sebagai Raja Inggris.

Setelah berkuasa selama kurang lebih 70 tahun, Ratu Elizabeth akhirnya mangkat, dan kekuasaa Pemerintahan Inggris akan jatuh pada putra sulungnya Mantan Prince of Wales, Charles III.

Dikutip dari BBC, Jumat, 9 September 2022, Charles sebenarnya boleh memilih nama resmi dari 4 suku kata namanya, yakni Charles Philip Arthur George.

Hingga pada akhirnya, nama yang terpilih adalah Raja Charles III.

Pada saat Ratu Elizabeth II meninggal, takhta langsung diserahkan tanpa upacara.

Meski demikian, nantinya akan ada beberapa tahapan tradisi yang harus ia lalui untuk dinobatkan menjadi raja.

Lebih lanjut, melalui akun media sosial resminya, keluarga Kerajaan Inggris sudah langsung merujuk Charles sebagai Raja.

Sementara itu, istri Charles yaitu Camilla Parker Bowles yang sebelumnya memegang gelar Duchess of Cornwall, sekarang akan dikenal sebagai Permaisuri, atau Queen Consort.

“Raja dan permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan kembali ke London besok,” demikian keterangan keluarga Kerajaan Inggris merujuk Charless dan Camilla.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan