Mencengangkan Kekayaan Ratu Elizabeth II, dari Mana Sumbernya?

Jabarekspres – Kekayaan Ratu Elizabeth II menjadi salah satu sorotan publik setelah kabar meninggalnya pada Kamis, 8 September 2022 di Balmoral, kediamannya di Skotlandia.

Sang ratu tutup usia di umur 96 tahun, dan menjadi pemimpin terlama Inggris. Tepat Februari 2022 lalu, terhitung 70 tahun pengabdiannya untuk mengepalai kerajaan.

Lantas selama 70 tahun itu berapa kekayaan sang ratu yang sudah terkumpul?

Melansir dari berbagai sumber, bahwa  harta pribadi Ratu Elizabeth II di tahun 2022 diperkirakan memiliki nilai 365 juta pound atau sekitar Rp 6,2 triliun.

Ratu Elizabeth II mendapatkan uangnya dari tiga sumber, yaitu:

  1. Aset berharga

Informasi dari Mirror menyebutkan bahwa aset pribadi dan pendapatan Ratu merupakan investasi pribadinya dan mendapatkan warisan perkebunan pribadi yang meliputi Kastil Balmoral dan Perkebunan Sandringham.

  1. Pembayaran Sovereign Grant tahunan

Sovereign Grant merupakan pembayaran pajak yang ia peroleh dari perbendaharaan.

Mulanya, ini berawal dari kesepakatan Raja George III yang menyerahkan pendapatan dari Parlemen untuk menerima pembayaran tahunan tetap untuk dirinya sendiri dan generasi mendatang dari keluarga kerajaan.

  1. Privy Purse

Privy Purse atau penghasilan pribadi yang merupakan sumber kekayaan sang ratu juga. Uang itu berasal dari sebuah tanah dan banyak aset lainnya serta sudah ada sejak dulu.

Masih banyak lagi aset lainnya yang merupakan kepunyaan Ratu Elizabeth II,  bahkan seorang pakar keuangan kerajaan mengungkapkan kepada The Journal bahwa “jutawan, bukan miliarder” itulah sebutan untuk anggota kerajaan.

Hingga akhirnya, saat ini Pangeran Charles pun menjadi pewaris utama kekayaan Ratu Elizabeth II.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan