5 Makanan Rendah Kalori Baik Dikonsumsi Solusi Program Diet

Jabarekspres – Mengkonsumsi makanan rendah kalori  biasanya untuk membuat atau menurunkan berat badan.  Membutuhkan kalori itu agar berenergi dan organ-organ tubuh berfungsi secara normal.

Menyebutkan makanan berkalori sebagai faktor kenaikan berat badan bukanlah perkataan yang bijak. Nyatanya, banyak asupan makanan tetapi jarang berolahraga adalah penyebab berat badan naik dan sulit terkontrol.

Meskipun sedang menjalankan program diet, tetap sebaiknya memilih makanan dengan kalori rendah namun kaya nutrisi yang dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Berikut beberapa makanan dengan kalori rendah yang baik dikonsumsi melansir dari Alodokter.com:

  1. Asparagus

Sayuran ini memiliki nutrisi seperti vitamin A, C, E, K, dan B6, folat, serat, protein, kalium, zat besi, dan tembaga. 100 gram asparagus mentah memiliki sekitar 20 kilokalori. Selain itu, Asparagus memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk mencegah kanker. Cara pengolahannya bisa dengan cara direbus, dikukus, atau diolah menjadi sup.

  1. Brokoli

100 gram brokoli mentah mengandung sekitar 39 kilokalori. Selain itu, brokoli kaya akan antioksidan yang dapat berpotensi mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara dan kanker kolorektal. Sayuran ini memiliki manfaat lainnya yaitu dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh.

  1. Kubis

Hanya memiliki 25 kilokalori saja dalam setiap 100 gram kubis. Kubis juga mengandung vitamin A, C, K, folat, serat, kalsium, kalium dan antioksidan yang berperan dalam memerangi kanker. Kubis juga mengandung zat glukosinolat yang berguna membersihkan racun di sistem pencernaan.

  1. Jamur

Dalam secangkir jamur hanya memiliki 15 kalori. Kandungan dari hampir semua jenis jamur yaitu mengandung antioksidan yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan lainnya yaitu kalium, vitamin B, vitamin D, protein, serat, kalium, selenium, kalsium, dan tembaga.

  1. Bayam

Bayam juga kaya akan zat besi, folat, magnesium, vitamin A, C, dan K. Dalam 100 gram bayam hanya memiliki 23 kilokalori. Gabungan vitamin A dan C berguna melindungi mata dari penyakit degenerasi makula.

Itulah 5 makanan yang memiliki rendah kalori dan dapat membantu program diet Anda. Namun, perlu diingat bahwa sejatinya manusia tetap membutuhkan kalori untuk melakukan berbagai aktivitas dan memberikan sistem kerja yang baik untuk organ tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan