Pemda Sumedang Jalin Kolaborasi dengan Microsoft untuk Wujudkan Digitalisasi Pendidikan dan Pemerintahan

Sumedang, 6 September 2022 – Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang hari ini memperkuat komitmen percepatan proses transformasi digital Kabupaten Sumedang melalui kolaborasi dengan Microsoft Indonesia di bidang pendidikan digital dan pemerintahan digital.

Kolaborasi ini, merupakan bagian dari inisiatif Living Lab Kabupaten Sumedang, diawali pemberian lisensi Microsoft Office 365 kepada guru dan siswa di sekolah pendidikan dasar serta menengah yang merupakan bagian dari Sekolah Penggerak Sumedang.

Seremoni serah terima simbolis lisensi Office 365 tersebut dilakukan antara Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir dengan Bupati Kabupaten Sumedang Dony Ahmad Munir di Command Center Sumedang.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, bahwa kolaborasi Pemkab Sumedang dan Microsoft ini memungkinkan untuk saling belajar dan menerapkan praktik digitalisasi pemerintahan serta pendidikan melalui pemanfaatan teknologi Microsoft yang  aman dan terpercaya.

“Melalui kolaborasi ini, variasi program Living Lab Kabupaten Sumedang akan semakin kuat. Kami berharap apa yang kami lakukan di Living Lab menjadi inspirasi dan direplika kabupaten/kota lain di Indonesia, terkait penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.”ujarnya

Sementara itu, dari sisi Pemerintah Digital, Pemda Sumedang akan menjajaki penggunaan Office 365 bagi Aparatur Sipil Negara Sumedang untuk optimasi kerja kolaborasi modern di era hybrid saat ini, serta pengimplementasian teknologi Power BI untuk Sumedang Command Center yang dapat mendukung proses analisis serta visualisasi data Kabupaten Sumedang dalam dashboard yang lebih sederhana.

Kolaborasi ini pun sejalan dengan Roadmap Digital Indonesia 2021 – 2024 yang menggarisbawahi empat komponen utama dalam akselerasi transformasi digital Indonesia: infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, serta masyarakat digital, di mana kolaborasi yang terjalin menitikberatkan pada pemerintahan digital dan masyarakat digital.

Sementara itu, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan, arahan, dan transformasi luar biasa yang telah Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang lakukan.

Melalui kolaborasi ini, kata dia, pihaknya berharap dapat mendukung arah digitalisasi di Kabupaten Sumedang, mempercepat transformasi digital instrumen kemasyarakatan lainnya, dan mendukung pencapaian visi Indonesia Digital melalui solusi teknologi Microsoft yang aman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan