Jurusan Geomatika Unjani Miliki Prospek Peluang Kerja Luas

CIMAHI –  Jurusan Geomatika Unjani di Falkutas Teknik Universitas Jendral Ahmad Yani sudah menghasilkan lulusan yang berkerja pada berbagai institusi. Baik di pemerintahan, TNI maupun swasta.

Dekan Fakultas Teknik Unjani Dr. Ir. Ferry Rusgiyarto. MT mengakui, saat ini jurusan Geomatika masih belum terlalu banyak keberadaannya di perguruann tinggi. Padahal, peluang kerjanya begitu luas.

‘’Jurusan Geomatika Unjani memang menjadi salah satu jurusan yang sangat prospektif,’’ kata Ferry dalam keterangannya, Selasa, (6/9).

Dia menilai, di masa era digital seperti sekarang ini, banyak aplikasi fitur pemetaan. Contohnya aplikasi untuk pengiriman logistik, antar barang. Termasuk untuk pemetaan dan pengukuran tanah.

Menurutnya, saat ini banyak masyarakat mengunakan aplikasi. Seperti untuk pemesanan makanan, itu semua mengandalkan peta digital.

‘’Cari lokasi tertentu,  dimana pesan apa, kemudian cara bayarnya, dan siapa saja datang, itu mengandalkan peta digital,’’ katanya.

Untuk bisa membangun sistem itu, dibutuhkan  SDM yang memiliki kapasitas mumpuni dan memahami pengetahuan Geomatika.

Ferry memaparkan, keahlian Geomatika saat ini banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan besar. Bahkan untuk lulusan Geomatika sebetulnya bisa mandiri dengan membuka konsultan jasa pemetaan.

“Potensinya sangat besar, baik untuk masuk pada dunia kerja di industri maupun instansi pemerintah,” jelasnya.

Teknik Geomatika Unjani sendiri telah memiliki jaringan luas dengan bekerjasama instansi pemerintah dan perusahaan swasta berkelas Nasional hingga Internasional di bidang Teknologi Survei dan Pemetaan.

Diantara nya adalah Direktorat Topografi TNI Angkatan Darat (DITTOPAD), Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pertanahan Nasional (BPN), ESRI, GPSLANDS dan ASABA.

Teknik Geomatika Unjani juga sudah bekerjasama dengan Asosiasi Profesi di bidang survei dan pemetaan yaitu Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) untuk memberikan Surat Keterangan Ahli (SKA).

Ini memudahkan mahasiswa dalam proses perkuliahan, pemagangan, maupun akses penyerapan tenaga kerja,” jelasnya.

Ada 5 program studi yang bisa dipilih di Fakultas Teknik Unjani, antara lain program studi Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Geomatika dan Magister Teknik Sipil (S2).

Dari sisi fasilitas sarana dan prasarana, kampus UNJANI memiliki fasilitas lengkap. Baik laboratorium, perpustakaan yang terakreditasi maupu lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan