Airlangga Hartarto Pastikan Stabilitas Politik Indonesia Terjaga

JAKARTA – Delegasi Partai Komunis China (PKC) menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk membicarakan mengenai kepastian stabilitas politik sebagai jaminan investasi bagi Tiongkok.

Pada Pertemuan tersebut, Airlangga Hartarto mengatakan, stabilitas politik di Indonesia selama 20 tahun terus terjaga.

Berbagai dinamika politik dalam iklim demokrasi terus berkembang dan selalu terjaga dengan baik. Sehingga pembangunan yang sudah direncanakan akan terus berjalan.

Airlangga juga memastikan, berbagai investasi yang dilakukan oleh Tiongkok ke Indonesia akan terus berlanjut.

“Silakan saja berlanjut (investasi), dan Partai Golkar akan menjaga kesinambungannya,” tutur Airlangga usai menemui Minister International Department Komite Sentral Partai Komunis China (PKC), Mr Liu Jianchao, Rabu (31/8).

Airlangga Hartarto mengatakan, berbagai investasi yang telah dilakukan oleh Tiongkok ke Indonesia memiliki nilai cukup besar. Sehingga, kestabilan keamanan dan politik harus dijaga maksimal.

Pemerintah juga tengah mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terletak dibeberapa daerah strategis.

KEK dikembangkan dengan memberikan berbagai dukungan kebijakan pemerintah. Sehingga memudahkan dalam melakukan kerjasama investasi.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, pertemuan Golkar dan PKC juga membahas hubungan antar partai politik. Sekaligus untuk pengembangan sumber daya manusia.

Sejauh ini, Partai Golkar sudah pernah mengirim para kadernya untuk mengembangkan kapasitas Pendidikan politik diberbagai negara.

Airlangga mengaku Partai Golkar sendiri saat ini telah memiliki Lembaga pembinaan untuk meningkatkan kapasitas kader muda di dunia politik dengan nama Golkar Institute.

Untuk itu, bersama PKC, Golkar Institute akan menjalin kerjasama meluaskan realisasi dalam bentuk pertukaran kebudayaan dan perkembangan dinamika politik masing-masing negara.

Airlangga mengaku, beberapa program sudah diagendakan oleh Golkar Institute. Sehingga, adanya kerjasama ini merupakan langkah maju untuk mengembangkan wawasan.

“Melalui Golkar Institute, dan tentu juga melanjutkan pertukaran pelajar dan politisi baik ke China maupun dari China dikirim ke Indonesia,” tegas Airlangga.

Sementara, Liu Jianchao sendiri mengaku bangga dengan perkembangan politik di Indonesia. PKC dan Golkar siap berkerjasama untuk meningkatkan kapasitas SDM di masing-masing partai.

PKC siap melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai di Indonesia sebagai bentuk persahabatan kedua negara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan