Airlangga Hartarto Bertemu Anies dan Emil, Bahas Komunike Urban G20

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Gubenur DKI Anies Baswedan sebagai Chair Urban G20 dan Gubenur Jabar Ridwan Kamil yang menjabat sebagai Co Chair Urban G20.

Pertemuan tersebut untuk menyampaikan hasil dari Komunike Urban G20 kepada Menko Airlangga sebagai Ketua I Bidang Sherpa Track G20

Menurt Menko Airlangga, pemerintah akan mendorong penuh terhadap terbentuknya Engagement Group Urban 20.

Kelompok non-pemerintah ini, akan terlibat aktif dalam presidensi G20. Engagement Group Urban G20 nantinya akan membahas isu-isu yang menjadi perhatian setia kelompok yang dibentuk bersama.

‘’Engagement Urban G20 ini merupakan wadah untuk menyatukan kota-kota dari negara anggota G20 untuk membahas berbagai permasalah, sperti masalah ekonomi, iklim dan pembangunan secara global,’’ kata Airlangga Hartarto dalam keterangannya Kamis, (1/9).

Urban 20 nanti akan memberikan rekomendasi dalam bentuk komunike Urban 20 sebagai bahan pertimbangan untuk Ketua G20 dan masing-masing kepala negara yang tergabung dalam G20.

Penyerahan Komunike Urban 20 telah disaksikan juga oleh delegasi negara-negara yang tergabung ke dalam Urban G20.

Menko Airlangga Hartarto menyampaikan, atas nama Presiden Joko Widodo mengucapkan terimakasih atas disampaikannya hasil Komunike Urban G20 yang didukung oleh 44 Wali Kota.

‘’Ini merupakan Komunike Urban 20 dengan jumlah dukungan terbanyak selama ini,’’ ujar Airlangga Hartarto.

Atas hasil Komunike Urba G20 itu, ke depan akan ada banyak pembahasan mengenai isu-isu yang disampaikan dalam bentuk Working group.

Saat ini sudah ada 10 Engagement Group dan ada 12  Working Group di dalam pelaksanaan G20 nanti yang secara garis besar akan membahas berbagai permasalahan di antaranya investasi kesehatan hunian, transisi energi berkelanjutan, serta pendidikan dan pelatihan.

‘’Ketiga hal tersebut akan menjadi bagian dalam agenda Summit Meeting di bulan November nanti,’’ ujarnya.

Airlangga Hartarto menekankan, pada pelaksanaan G20 nanti, Indonesia akan banyak memaparkan berbagai masalah untuk mencari solusi bersama.

Berbagai masalah yang akan dibahas antara lain bidang Kesehatan, Transformasi Digital, Transisi Energi, dan penanganan Food Security.

Sekali lagi saya tekankan bahwa dalam G20 Indonesia, kita konsentrasi dalam bidang kesehatan, Empat hal tersebut juga terkait dengan Urban 20. Sebab, ke depannya, masyarakat lebih banyak tinggal di daerah perkotaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan