Kerajaan Sambo yang Dimaksud Mahfud MD Ternyata Cuma Ini, Bukan Konsorsium 303

JAKARTA – Menko polhukam Mahfud MD menjelaskan bahwa Kerajaan Sambo bukan hanya ada di lingkup Divisi Propam Polri saja.

Sebelumnya, Mahfud MD dalam berbagai wawancara sebelumnya mengungkapkan istilah sub mabes Polri di tubuh Polri hingga Kerajaan Sambo di tubuh Polri.

Namun ternyata Kerajaan Sambo atau kekuasaan Ferdy Sambo yang dimaksud Mahfud MD hanya dalam konteks Divisi Propam Polri.

Sepengetahuannya sebagai Menko Polhukam dan juga Ketua Kompolnas, ternyata keputusan di Divisi Propam Polri yang dipimpin Ferdy Sambo itu sepenuhnya dikuasai Sambo.

“Saya katakan soal Kerajaan Sambo itu bukan dalam konteks pembagian uang judi. Bukan. Saya malah gak tahu,” ujar Mahfud MD dalam RDP di Komisi III DPR, Senin (22/8).

“Yang saya katakan itu loh Divisi Propam Polri itu bintang 2 kepalanya. Lalu di bawahnya ada tiga. Bintang satu. Di mana setiap biro itu kalau dia memeriksa harus diputuskan Pak Sambo. Kenapa gak dipisah saja,” ujarnya lagi.

Mahfud  pun tidak terlalu detail membahas masalah Konsorsium 303 itu saat RDP dengan Komisi III DPR.

Mahfud MD mengaku sudah mendapatkan grafik Konsorsium 303 yang tengah ramai diperbincangkan itu.

Hanya saja Mahfud menyebut tidak tahu detailnya terkait sumber di dalam grafik tersebut.

“Soal gambar-gambar (Konsorsium 303) itu saya sudah dapat tetapi itu bukan dari saya. Saya tidak tahu sama sekali,” kata Mahfud MD dalam rapat bersama Komisi III DPR, Senin (22/8) menjawab pertanyaan Arteria Dahlan.

Mantan MK ini mengaku pertama kali dirinya mengetahui grafik Konsorsium 303 itu dari pernyataan Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso.

“Yang saya baca di media itu. Pak Teguh (IPW) yang mengatakan itu (Konsorsium 303),” ujarnya.

Sebelumnya grafik Kaisar Sambo dan Konsorsium 303 kini tengah ramai diperbincangkan.

Sejumlah nama-nama jenderal pun mencuat dalam grafik Kaisar Sambo dan Konsorsium 303.

Setidaknya ada 5 jenderal bintang dua dan satu jenderal berpangkat Brigjen yang diduga terlibat dalam pusaran bisnis gelap yang dipimpin Kaisar Sambo atau Ferdy Sambo.

Kelima jenderal berpangkat Irjen dan satu pangkat Brigjen itu yakni berinisial Irjen FI, Irjen NA, Irjen SN, Irjen AD, Irjen PP, Brigjen HH.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan