Rangkul Komunitas Warung Terbesar, Mitra Bukalapak Permudah Digitalisasi UMKM

JabarEkspres.com, BANDUNG –  Sejak diluncurkan pada 2017, Mitra Bukalapak membantu para UMKM memiliki akses lebih banyak kepada SKU produk fisik dan produk finansial, serta mengatasi kendala terkait rantai suplai dan pengadaan, serta kesempatan untuk menerima dukungan finansial.

Platform online-to-offline (o2o) ini merupakan platform pertama di Indonesia yang menyediakan akses ke beragam produk fisik, virtual, dan finansial, dari barang kebutuhan sehari-hari, pulsa, token listrik, hingga berbagai layanan seperti pembayaran tagihan, pengiriman uang, hingga layanan logistik, ke para pemilik warung serta pelaku UMKM lainnya di Indonesia.

Dalam acara yang diberi nama Spesial Kumpul Juwara (SKJ), ratusan anggota komunitas Juwara bersinergi untuk berbagi ilmu dan inspirasi dalam meningkatkan kapabilitas bisnis secara digital.

“Memberikan wadah bagi para anggota komunitas Juwara untuk bertemu dan belajar bersama di ajang seperti SKJ tentunya membawa manfaat yang sangat besar, baik bagi mereka maupun kami sebagai penyedia platform. Para pemilik warung dapat memaksimalkan layanan Mitra Bukalapak untuk terus menumbuhkan bisnisnya,” ujar Howard Gani, CEO Buka Mitra Indonesia.

“Sementara kami dapat lebih memahami kebutuhan serta pain points mereka dan menjawabnya melalui solusi yang tepat. Selain itu, kegiatan seperti ini memberikan kami kesempatan untuk memperdalam engagement dengan seluruh Mitra Bukalapak di Indonesia”, sambungnya.

Dalam acara SKJ, salah satu anggota komunitas Juwara asal Bandung, Irman, menyampaikan bahwa keputusannya untuk bergabung sebagai Mitra Bukalapak di tahun 2018 didorong oleh keinginannya untuk mengurangi resiko kehilangan pendapatan saat harus menutup warungnya ketika berbelanja stok barang.

Menurutnya dengan bergabung sebagai Mitra Bukalapak, dia mendapatkan banyak manfaat bahkan bisa bersaing dengan minimarket yang ada di lingkungannya.

“Banyak fitur yang membuat PD (percaya diri) jualan. Lebih PD bersaing sama minimarket. Kirim uang, paket, tagihan listrik. Dekat dengan pemukiman dan masyarakat, jadi masyarakat prioritaskan kita dulu,” terang Irman.

“Enaknya Mitra Bukalapak ada fitur setor uang, biasanya orang orang ke ATM kirim uang, sekarang bisa ke warung aja praktis. Efek pandemi tidak terlalu berasa ke warung karena Bukalapak selalu mengeluarkan fitur baru yang membantu,” lanjutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan