Gudangnya Kreator dan Inovator Batik, Yayasan Batik  Jawa Barat Komitmen Bangkitkan Kreativitas

BANDUNG- Propinsi Jawa Barat bukan melahirkan pertama kali proses membatik, Jabar bukan yang memiliki perajin batik terbanyak, Jabar juga tidak memiliki pasar batik terbesar. Namun perlu diketahui bahwa di Jawa Barat terdapat segudang kreator dan inovator atau tokoh-tokoh batik dunia.

Salah satu organisasi independen, Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB), merupakan organisasi yang akan senantiasa bergerak memberikan dorongan untuk pengembangan batik Jawa Barat khususnya dan Indonesia.

Ketua YBJB, Sendy Yusuf mengungkapkan, melalui acara Riung Batik Jawa Barat 2022, pertemuan tersebut sebagai salah satu kegiatan mensyukuri 14 tahun kiprah YBJB.

“Pertemuan ini menjadi ajang komunikasi, berinteraksi, antara YBJB dan para anggota YBJB yg terdiri dari para pembatik dari 27 kota kabupaten di Jawa Barat,” ucapnya saat ditemui di sela-sela kegiatan akhir pekan lalu.

Ia dan para pengurus al. Komarudin Kudiya, S Ken Atik, Yeyen Komar, Dinnar Eldie, Sania Sari, Djalu Djatmiko, Yudha Perdana, Herman Jusuf, Ria Sawitri, Ledie Suwandie, Zaini Rais, selalu membantu para artisan batik Jawa Barat untuk berkreasi.

Selain itu, memberikan bantuan teknis, memberikan semangat kepada perajin batik untuk terus melakukan kegiatan kreatif dan produktif untuk pengembangan, peningkatan nilai dan pemasaran batik khususnya di Jawa Barat.

“Kepedulian dan tanggungjawab kami untuk perajin batik Jawa Barat dan eksistensi batiknya akan terus dilakukan dengan transfer pengetahuan dan kepiawaian dari para pengurus YBJB,” tambah Sendy.

Batik Jawa Barat sampai hari ini telah tersebar dan hadir di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Perlu diakui, lanjut Sendy, bahwa kehadiran batik di Jawa Barat secara tidak langsung merupakan inisiasi, sentuhan dan kontribusi dari YBJB. Tokoh-tokoh batik Jawa Barat yang berada di YBJB telah hadir di beberapa Kabupaten/Kota memberikan arahan, gagasan, ide desain sekaligus memberikan bimbingan teknis.

Di masa yang akan datang, YBJB tetap akan mengawal pertumbuhan kerajinan batik Jawa Barat dan berupaya terus membangun kerjasama dengan para perajin batik untuk menjadikan batik Jawa Barat tumbuh dan berkembang melengkapi mozaik khasanah batik nusantara dan dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan