Melalui Pajak Bertutur, Siswa SMPN 1 Cimahi Mengenal Pajak

BANDUNG,- KPP Pratama Cimahi kembali menyelenggarakan kegiatan Pajak Bertutur kepada Siswa SMP Negeri 1 Cimahi di Jl. Raden Embang No.12, Karangmekar, Cimahi Tengah, Kota Cimahi pada Kamis (18/8).

Kegiatan pajak bertutur ini merupakan kegiatan mengajar tentang kesadaran pajak pada seluruh jenjang pendidikan yang termasuk dalam rangkaian kegiatan inklusi pajak dari Direktorat Jenderal Pajak.

Joni Isparianto selaku Kepala KPP Pratama Cimahi menuturkan bahwa sosialisasi perpajakan ke sekolah-sekolah ini penting karena kesadaran pajak diperlukan sejak awal.

“Sekitar 15 tahun kemudian adik-adik sudah berkarir sehingga sudah berperan dalam berkontribusi terhadap pajak negara.” Tuturnya

Ia juga menjelaskan secara singkat apa contoh nyata pajak yang biasa dijumpai oleh para siswa. mengenalkan jumlah pajak yang harus dikumpulkan oleh KPP Pratama Cimahi yang akan dimanfaatkan untuk merealisasikan peranan pajak bagi negara termasuk salah satunya bagi pendidikan.

“Pada tahun ini, Pajak Bertutur dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia oleh seluruh unit di Direktorat Jenderal Pajak satu hari setelah Hari Kemerdekaan RI dengan mengangkat tema “Generasi Sadar Pajak, Muda Berkreasi Membangun Negeri” ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan kesadaran pajak sejak dini pada para penerus bangsa.” Jelas Joni

Di acara yang sama Wahyudin selaku koordinator Fungsional Penyuluh KPP Pratama Cimahi sekaligus Pemateri  dalam paparannya menjelaskan terkait pajak yang menjadi penopang utama pendapatan negara, manfaatnya, dan peranan siswa yang bisa dilakukan.

“Penyampaian materi dilakukan secara santai dan diselingi games berhadiah. Sehingga banyak siswa yang antusias bertanya terkait materi pengenalan pajak yang disampaikan. Contohnya salah satu siswa saat bertanya “Yang dimaksud syarat subjektif dan objektif wajib pajak itu apa?” ketika sedang menjelaskan terkait siapa saja yang wajib membayar pajak.” Tutur Wahyudin sambil tersenyum

Sebelum acara dimulai, Kepala KPP Pratama Cimahi dan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cimahi menandatangani surat pernyataan kerja sama atas kegiatan inklusi kesadaran pajak. Dan sebagai penyelenggara Kegiatan Pajak Bertutur  KPP Pratama Cimahi juga memberikan pengenalan pajak kepada 35 siswa yang menjadi perwakilan setiap kelas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan