Bima Arya Doakan dan Sanjung Para Penggerak Pramuka

JabarEkspres.com, BOGOR – Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut bahwa Gerakan Pramuka sudah banyak berkontribusi bagi bangsa dan negara Indonesia dalam kurun waktu selama 61 tahun.

Sudah banyak alumni Gerakan Pramuka yang menjadi tokoh dan pemimpin yang sukses. Sudah banyak perubahan yang dilakukan di organisasi Gerakan Pramuka dari awal berdiri hingga hari ini.

“Kalau kita coba peras dan tangkap semangat dari gerakan pramuka yang luar biasa dahsyat, maka ada tiga hal dahsyat dari gerakan pramuka yang menjadi pengingat bagi semua, yaitu gerakan pramuka adalah gerakan untuk membangun karakter, kompetensi dan kepedulian,” katanya saat pelaksanaan Apel Besar Hari Pramuka ke-61 Tingkat Kota Bogor Tahun 2022 di Lapangan Sempur, Kamis, 18 Agustus 2022.

Dia menilai, aspek pembangunan karakter menjadikan Gerakan Pramuka berbeda dari ekstrakurikuler (ekskul) dengan organisasi lain.

Menurutnya, Dasa Dharma itu dahsyat, lengkap dan paripurna. Dua hal yang mengawalinya menggambarkan hal yang paling lengkap di dunia ini, dimensi vertikal kepada Tuhan YME dan dimensi horizontal kepada sesama manusia dan juga kepada alam.

Untuk kompetensi, anggota Gerakan Pramuka diminta untuk terus mengasahnya dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor agar kuat, karena orang-orang yang menjadi pemenang adalah yang memiliki karakter. Terakhir, dengan terbangunnya karakter dan kompetensi yang kuat akan timbul rasa kepedulian.

“Pramuka itu peduli, tidak boleh cuek, hirau pada lingkungan dan selalu membantu lingkungannya. Pramuka adalah jalur paling dahsyat untuk kepemimpinan Indonesia di masa depan. Kalau ketiga hal ini bisa dipegang, dikembangkan dan bisa konsisten, Insya Allah seluruh anggota dan aktivis gerakan pramuka akan menjadi pemimpin-pemimpin yang hebat, karena takut kepada Tuhan YME, cinta kepada sesama manusia dan peduli kepada alam,” dorongnya.

Latihan dalam Gerakan Pramuka, sambung dia, bukan sekadar latihan biasa dan ikut pramuka bukan hanya sekedar mengisi waktu, tetapi untuk menyiapkan para anggotanya untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa kini dan masa depan. Sebab, karakter anggota pramuka di atas rata-rata dari generasi muda lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan