Peresmian Situ Ciburuy, Ridwan Kamil Minta Diproyeksikan untuk Fungsi Sosial Agar Meningkatkan Geliat Ekonomi

KBB– Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat akhirnya selesai di revitalisasi. Hari ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara langsung melakukan peresmian Situ Ciburuy yang merupakan kawasan ikonik di tanah Sunda tersebut, sabtu (13/8).

Kang Emil, sapaan akrab warga Jabar kepadanya, meminta, setelah diresmikan, Situ Ciburuy ini bisa diproyeksikan untuk fungsi sosial, menunjang kebutuhan air, pertanian, wisata, dan bermanfaat untuk masyarakat lebih luas.

“Provinsi Jawa barat terus berkomitmen menyukseskan urusan air dan pariwisata dalam satu paket konsep pekerjaan,” kata Kang Emil dalam sambutannya.

Dia menambahkan bahwa Situ Ciburuy ini merupakan hadiah untuk warga KBB.

“(Revitalisasi Situ Ciburuy, red) Ini hadiah untuk warga KBB,” kata Emil usai peresmian.

Dengan adanya fungsi pariwisata, Gubernur Jabar berharap tingkat kebahagiaan masyarakat bisa meningkat. Sehingga kata Emil meminta kepada semua pihak baik masyarakat, pemerintah kabupaten hingga desa bisa bersama meningkatkan aspek sosial hingga pariwisata.

“Saya titip ke pa Hengki (plt. Bupati Bandung Barat) Situ Ciburuy ini harus jadi rest area bagi orang-orang yang mau ke Bandung atau ke Cianjur.

Untuk meningkatkan geliat ekonomi, Ridwan Kamil berharap orang yang melintas bisa meluangkan waktu, liburan, istirahat di Situ Ciburuy. Nantinya pengunjung bisa jajan ke para pelaku UMKM, sewa perahu, lalu baru balik lagi ke Jakarta atau Bandung.

“Kami terus memperhatikan menyempurnakan danau-danau di Jawa Barat, sehingga selain indah juga punya fungsi ekosistem pengendalian banjir,” katanya.

Ridwan Kamil juga menitipkan agar kelestarian lingkungan tetap terjaga, jangan sampai warga maupun industri merusak lingkungan di sekitar Situ Ciburuy.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat Dicky Achmad Sidik mengatakan, revitalisasi Situ Ciburuy merupakan bagian upaya konservasi dan pendayagunaan
Sumber Daya Air.

Menurutnya, situ-situ dan tampungan air lainnya bisa dimanfaatkan kepentingan masyarakat.

“Situ Ciburuy juga punya fungsi sosial, ekonomi dan lingkungan hidup,” kata Dicky dalam sambutanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.