Peresmian Situ Ciburuy, Ridwan Kamil Minta Diproyeksikan untuk Fungsi Sosial Agar Meningkatkan Geliat Ekonomi

Lanjutnya, Situ Ciburuy juga memberi fungsi sebagai ruang publik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Situ Ciburuy berada di Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat merupakan aset Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang selama ini pengelolaannya dilaksanakan oleh BBWS Citarum Kementerian PUPR.

Selama dua tahap pada tahun 2019 dan 2021, total anggaran yang digelontorkan Pemprov Jabar untuk revitalisasi Situ Ciburuy mencapai Rp 32 Miliar.

Tahun 2019 Pemprov Jabar mengganggarkan Rp. 2.285.675.000. lokasi pekerjaan berada di area depan/muka Situ Ciburuy dan Pekerjaan Landscape yang berada di luar badan air dan tanggul Situ meliputi Pekerjaan tanah, TPT, Hardscape, Softscape, Site Fixtures, dan pekerjaan tambahan seperti Pekerjaan bangku taman, Kran otomatis, Penebalan Linning eksisting

Sementara itu pada tahun 2021 dengan Rp 29,4 Miliar, Pemprov Jabar melakukan revitalisasi di area Situ Ciburuy dan Pekerjaan Landscape yang berada di luar badan air dan tanggul Situ seperti
1 Visitor Center, 1 Restoran Baru/Foodcourt, 1 Restoran Besar, 7 Restoran Typical, 1 Mushola, 1 Toilet, 1 Dermaga, Utilitas Pendukung, Normalisasi Situ.

Situ Ciburuy berada pada lokasi yang cukup strategis yaitu pada di tepi Jalan Nasional yang menghubungkan Bandung dan Cianjur.

Kawasan Situ Ciburuy dengan luas 41.15 Ha dengan kapasitas tamping rata-rata sebesar ± 4.755.000 m3 mempunyai potensi pariwisata yang cukup besar dengan kawasan dikelilingi oleh bukit-bukit dan pemandangan yang cukup menarik.

Sumber air Situ Ciburuy berasal dari sumber mata air dan suplesi dari irigasi Pasirkuntul yang berada dalam tampungan Situ dan run off sekitar Situ Ciburuy. Air Situ Ciburuy dimanfaatkan sebagai air baku masyarakat sekitar dan pariwisata. Pada Tahun 2019 dan tahun 2021 Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jawa Barat melalui UPTD PSDA Wilayah Sungai Citarum secara bertahap akan melaksanakan penataan dan revitalisasi Situ Ciburuy melalui pembangunan sarana-sarana untuk ruang publik dan optimalisasi tampungan Situ.

Selain meresmikan Situ Ciburuy, Gubernur Jawa Barat bersama Plt. Bupati Bandung Barat melakukan tebar benih ikan sebanyak 77 ribu benih di Situ Ciburuy. (*)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan