Niat Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharram, Catat waktunya

JABAREKSPRES.COM – Bulan Muharam menjadi bulan yang istimewa bagi umat Islam. Karena ada dua puasa yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan yang termasuk suci ini.

Dua puasa itu adalah puasa Tasua dan Asyura. Puasa Tasua dilaksanakan pada 9 Muharram atau jatuh pada Minggu, 7 Agustus 2022. Sedangkan puasa Asyura dikerjakan pada 10 Muharram atau pada Senin, 8 Agustus 2022.

Perintah melakukan puasa Asyura dan Tasua ini tertuang dalam hadis Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

Dalil puasa Asura

Hadis lainnya diriwayakan dari Ibnu Abbas: “Rasulullah telah berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan supaya orang-orang berpuasa.” (JR Muslim).

Abu Hurairah ra juga berkata” Saya mendengar Rasulullah bersabda: ” hari ini adalah hari Asyura, dan kamu tidak diwajibkan berpuasa padanya. Dan saya sekarang berpuasa, maka siapa yang suka, berpuasalah. Dan siapa yang tidak suka, berbukalah!”

Dalil puasa Tasua

Sementara itu, dalil puasa Tasu’a atau puasa tanggal 9 Muharram berdasarkan hadis yang diriwayatkan Ibu Abbas ra, Rasulullah bersabda: “kalau saya lanjut umur satu tahun yang akan datang, niscaya saya akan berpuasa Tasua'(tanggal 9 Muhrram).

Niat puasa Tasua dan Asyura

Sebelum berpuasa, diawali dengan niat puasa sebagai berikut:

Niat Puasa Tasu’a

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.