Amerika Akan Segera Kirim Paket Senjata 1 Miliar Dolar untuk Ukraina

UKRAINA – Paket senjata 1 miliar dolar Amerika untuk Ukraina segera dikirimkan oleh Amerika di mana sebagain besar berupa Himars.

Dikutip dari Tempo, HIMARS atau MLRS adalah sistem roket peluncuran berganda berteknologi tinggi yang dipasang di roda, memberikannya lebih banyak kelincahan dan kemampuan manuver di medan perang. Mereka merupakan unit bergerak yang dapat secara bersamaan meluncurkan beberapa rudal berpemandu presisi.

Pihak Amerika megungkapkan bahwa paket ini telah dikonfirmasikan pada Senin 1 Agustus 2022 lalu.

Dari total paket tersebut, sebagaian besar terdiri dari amunisi untuk system senjata jarak jauh Himars dan kendaraan medis berlapis baja.

Paket peralatan perang yang akan dikirimkan oleh Amerika ke Ukraina tersebut merupakan salah satu paket yang terbesar sepanjang invasi Rusia.

Dilansir dari Aljazeera.com, sejauh ini Amerika telah telah memberikan sekitar 8,8 miliar dolar Amerika untuk Ukraina.

Meskipun demikian salah satu penjabat pemerintahan Amerika mengatakan bahwa paket ini masih menunggu tanda tangan Presiden Joe Biden dan paket yang akan dikirimkan bisa saja berubah.

Akan tetapi jika ditanda tangani oleh Biden, maka Ukraina akan mendapatkan amunisi High Mobility Artillery Rocket Systems (Himars) dan National Advanced Surface-to-Air Missile Systems (Nasams) serta 50 kendaraan M113 lapis baja yang dapat digunakan untuk kendaraan medis.

Pentagon baru-baru ini mengumumkan warga Ukraina akan diizinkan menerima perawatan medis di rumah sakit militer AS di Jerman dekat Pangkalan Udara Ramstein.

Senin lalu, Pentagon mengumumkan paket bantuan keamanan terpisah untuk Ukraina senilai hingga 550 juta dolar Amerika yang juga termasuk amunisi tambahan untuk Himars.

Himars menjadi salah satu senjata yang memegang peranan penting dalam pertempuran antara Ukraina dan Rusia.

Moskow berusaha untuk menguasai Donbas yang sebagian besar penduduknya menggunakan bahasa Rusia.

Dombas terdiri dari provinsi Luhansk dan Donetsk yang menjadi lokasi separatis pro Rusia.

Sejauh ini AS telah mengirimkan 16 Himars ke Ukraina dan pada 1 Juli berjanji akan mengirimkan dua Nasams untuk memperkuat pasukan Ukraina.

Selain itu juga akan mengirimkan kendaraan pengangkut personel lapis baja yang dilengkapi dengan peralatan medis yang dapat meningkatkan mobilitas pasukan Ukraina dalam menghadapi Rusia di garis depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan