Musdes Desa Margahurip: Hadirkan Desa Wisata dan Program UMKM

JabarEkspres.com, Kab. Bandung – Dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023, Desa Margahurip Kecamatan Banjaran menggelar Musyawarah Desa (Musdes) yang bertempat di Aula Desa Margahurip pada Kamis, 04/08/2022.

Musdes ini turut dihadiri oleh Badan Persmusyawaratan Desa (BPD), Kepala Desa Margahurip, Kapolsek Banjaran serta para Tokoh Desa setempat.

Menurut Kepala Desa Margahurip, M Darwin Sugiantoro, dengan adanya Musdes ini, masyarakat setempat sangat mendukung dan antusias.

“Masyarakat sangat mendukung dan antusias sekali dengan adanya penyusunan anggaran untuk rencana pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemdes pada tahun 2023,” ujar Darwin saat sesi wawancara.

Sebelumnya, pembangunan fisik dan non-fisik Desa Margahurip sempat tersendat oleh pandemi Covid-19, dan saat ini akan diprioritaskan pembangunan insfrastuktur Polindes, Posyandu dan pembangunan jalan desa setempat.

“Pembangunan yang sempat tersendat saat Covid-19 yang bersifat pembangunan fisik maupun nonfisik dari segi pembangunan untuk infrastruktur yang diprioritaskan yaitu pembangunan polindes, posyandu, pembangunan jalan desa dengan gedung yang di desa sendiri yang akan dilaksanakan pada tahun 2023,” katanya.

Sedangkan, untuk Pembangunan yang bersifat non fisik yaitu akan dilaksanakan kegiatan masyarakat untuk meningkatkan UMKM.

“Yang non fisiknya untuk pelaksanaan kegiatan masyarakat yaitu pertanian, perternakan, perikanan dengan UMKM yang dilaksanakan pada tiap-tiap Dusun ataupun RW dan itu akan diprioritaskan dari desa margahurip untuk meningkatkan inovasi dan peningkatan Desa,” tambah Darwin.

Selain itu, desa Margahurip juga akan membangun desa wisata guna meningkatkan pendapatan daerah.

“Inovasi dari desa Margahurip juga akan dilaksanakan dan dibangun desa wisata, semoga bisa terealisasi dan bisa terlaksana dan didukung dengan semua pihak, terutama pihak masyarakat atau pemerintah Kabupaten dan provinsi,” pungkasnya.

Diketahui, pembangunan desa wisata akan dibangun di wilayah RW 14 dengan diawali perbaikan pinggir kali dan pemasangan paving block.*** (oca)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan