Kesulitan Menentukan Spot Wisata Kuliner Halal

BANDUNG – Wisata kuliner halal di Kota Bandung, masih terus dicanangkan. Saat ini baru satu tempat (spot) yang bakal menjadi calon lokasi wisata kuliner halal, yakni di kawasan pedagang kaki lima (PKL) Jalan Malabar, Taman Valkenet.

Sub Koordinator Promosi Produk Budaya dan Kesenian pada Disbudpar Kota Bandung, Hendi Rohendi menyebut, terdapat beberapa kesulitan dalam penentuan wilayah tersebut.

Diantaranya, kesulitan untuk sarana prasarana serta lokasi yang memang dirasa cocok. “Kita belum bisa menentukan wilayah mana untuk jadi spot wisata halal,” ungkap Hendi kepada Jabar Ekspres, kemarin.

Dia menambahkan, sejauh inipun lokasi yang baru dipilih yaitu Taman Valkenet di Jalan Malabar. Hal itu bisa digarap berkat kerjasama masif yang dilakukan pihaknya bersama instansi terkait.

“Dalam hal ini Dinas KUKM, kebetulan Disbudpar juga diundang pada saat itu, dengan Bank Indonesia, mungkin dalam waktu dekat ini ada kegiatan,” tambahnya.

Dirinya menuturkan, persiapan itu bahkan sudah digarap dari jauh-jauh hari. “Sudah lama, karena kami kan diundang ya dan itu sudah beberapa pekan lalu. Jadi kalau seluruhnya mungkin sudah beberapa bulan lalu,” tuturnya.

Wisata halal di Kota Bandung, kata Hendi, mesti dapat bersaing dengan negara tetangga, Malaysia. Dimana, katanya, jumlah muslim di Negeri Jiran dengan Kota Bandung tidak jauh berbeda.

“(Makanya) kita sedang ngobrol dan sedang kerja sama dengan beberapa pihak agar bisa menyediakan wisata halal di Kota Bandung,” katanya.

Sementara itu, seusai adanya launching wisata kulinerhalal yang akan dilakukan dalam waktu dekat, pihaknya bakal melakukan evaluasi kembali.

“Karena setiap kegiatan harus ada evaluasi untuk mengetahui dampaknya,” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan