5 Kegiatan Bermanfaat sebelum Tidur

Editor:

Jabarekspres.com — Lakukanlah 5 hal ini sebelum kamu pergi tidur. 5 kegiatan bermanfaat ini bagus untuk meningkatkan kualitas hidup sebelum akhirnya kamu pergi beristirahat.

Kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan sebelum tidur bisa berdampak bagus bagi kualitas tidurmu. Maka dari itu, lakukan hal-hal yang bermanfaat sebelum kamu pergi tidur.

Jangan lakukan hal-hal yang bisa merusak kualitas tidurmu jika kamu ingin menjalani esok hari dengan baik.

Berikut ini merupakan 5 kegiatan bermanfaat sebelum tidur yang bisa kamu lakukan:

1. Membaca Buku

Matikan handphone. Jangan bukan media sosial. Jangan membaca berita gosip. Hentikan itu sebelum kamu pergi tidur. Lakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Salah satunya, bacalah buku. Bacalah novel atau karangan-karangan ilmiah.

Buku adalah sarana yang tepat bagi kita untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Pada dasarnya, membaca buku sama dengan melakukan olahraga pikiran.

Bukan hanya tubuh saja yang perlu olahraga, tapi pikiran juga perlu olahraga. Dengan begitu, kesehatan pikiran kita tetap harus terjaga. Menjaga agar pikiran kita tetap waras.

Bagaimanapun, meningkatkan kualitas hidup membutuhkan pikiran yang sehat, waras, dan kuat. Maka dari itu, bacalah buku sebelum kamu tidur. Aturlah membaca buku menjadi kebiasaan.

2. Menulis

Sebelum tidur, mulailah lakukan kebiasaan positif ini. Menulis di buku harian. Tulis apa saja. Pengalaman. Kesan-kesan. Cita-cita. Mimpi-mimpi. Perencanaan. Puisi. Cerpen. Atau jurnal. Kegiatan ini bagus untuk perkembangan pikiran sebelum kamu pergi beristirahat pada malam.

3. Meditasi

Meditasi bukan aktivitas mistis. Ia adalah momen rehat untuk menetralisir beban-beban kegiatan selama di pekerjaan atau di sekolahan, misalnya.

Tujuan dari meditasi adalah meregangkan pikiran. Ia dilakukan untuk menenangkan pikiran. Itu bagus untuk mendorong kualitas kehidupan.

Lakukanlah meditasi sebelum tidur. Tutup mata. Atur pernafasan. Dengarkanlah keadaan di sekitar. Bukalah diri. Dengarkan suara kicau burung di luar, orang-orang berjalan, suara angin, tetangga menonton televisi. Apa saja.

4. Minum Air Putih

Kita semua tahu bahwa air putih punya banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menjaga kelembapan kulit saat kita tertidur. Minumlah minimal satu gelas air bersuhu normal (bukan air dingin) beberapa jam sebelum tidur, agar tubuh tetap terhidrasi.

Manfaatnya akan kamu rasakan pada saat bangun nanti. Tubuhmu jadi segar. Dengan itu kamu bisa menjalani dengan menyenangkan.

5. Berdoa

Doa mempunyai sugesti yang positif. Ia membersihkan pikiran-pikiran negatif. Doa akan memberikan kesan pada otak bahwa hari esok adalah hari yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.