Akhirnya Ada Juga Nih, 5 Manfaat Dari Overthinking

Jabarekspres.com  – Akhirnya ada juga nih manfaat dari Overthinking. Kebanyakan orang relatif menganggap Overthingking itu negatif. Padahal kondisi ini punya manfaat yang mempengaruhi secara fisik dan mental.

Overthinking adalah keadaaan d mana seseorang mengalami kecemasan yang berlebih. Biasanya hal ini dipicu oleh berbagai kejadian yang tak mengenakan di masa lalu, kesalahan yang terus masih disesali sampai hari ini, sampai ketakutan dan resiko gagal. Namun di sisi lain, sering overthinking berarti punya modal baik karena otak terbiasa berpikir kritis dan menampung semua kemungkinan.

Nah, kebiasaan overthinking tersebut harus kamu arahkan menjadi tindakan problem solving dan refleksi diri. Sehingga, overthinking yang kamu lakukan sebelum tidur dapat bermanfaat buat diri kamu. Berikut ada 5 manfaat dari overthingking

Manfaat Overthinking

  1. Mempertajam kemampuan observasi

Orang yang suka overthinking itu adalah pemerhati yang baik. Hal-hal kecilpun diperhatikan sama mereka

  1. Sering tepat kalo mengambil keputusan

Overthingker selalu takut kalo salah ambil keputusan. Makanya mereka selalu mukirin ulang setiap keputusan yang mau diambil

  1. Gampang intropeksi diri

Kebiasaan Overthingking ini bisa bikin lebih mawas diri. Overthingker lebih gampang belajar dari kesalahan mereka dari masa lalu.

  1. Bisa lebih menjaga perasaan orang lain

Sama hal kecil aja mereka perhatiin, gimana perasaan orang? Nah overthinker itu bakal menjaga sekali perasaan orang lain.

  1. Bisa bikin lebih kreatif

Kalo kamu perhatikan, overthinking itu bisa bikin kita semakin peka buat nyari makna dari setiap kejadian. Dari situ deh ide kreatif muncul

Sebenarnya pikiran negatif belum tentu salah, namun yang terpenting bagi kita adalah menyadari bahwa kita memiliki kendali atas pikiran tersebut. Pikiran, perasaan, dan perilaku merupakan hal yang berkaitan sehingga ketika kita mampu untuk berpikiran positif maka akan muncul perilaku yang positif. Untuk dapat berpikiran positif kita harus menilai suatu kejadian atau hal itu dimulai dari respons yang positif dahulu.

Jadi itulah manfaat overthinking, tidak semua hal negatif itu buruk tetapi hal negatif itulah yang perlu kita kontrol

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan