Polisi Akan Hapus STNK yang Nunggak Pajak Selama Dua Tahun, Korlantas Polri: Biar Masyarakat Taat Bayar Pajak

Editor:

JabarEkspres.com – Apakah Anda sudah membayar pajak kendaraan yang Anda miliki? Jika belum, maka sepertinya Anda perlu mengetahui bahwa belum lama pihak kepolisian telah menggaungkan kembali penghapusan STNK jika tidak dibayar selama dua tahun.

Jadi, jika aturan ini telah diberlakukan, maka status kendaraan yang Anda miliki itu akan menjadi barang “tak bertuan” jika pembayaran STNK-nya tidak Anda penuhi selama dua tahun.

Sebenarnya, aturan ini sudah tercantum dalam peraturan lalu lintas sejak 2009. Namun, kali ini pihak kepolisian berencana untuk memberlakukan aturan itu.

Dalam keterangan pihak kepolisian, aturan tersebut diberlakukan agar masyarakat pemiliki kendaraan bisa disiplin administrasi pajak. Artinya, jika tuntutan pajak tidak dipenuhi, maka hal tersebut berdampak pada pembangunan yang sedang negara canangkan.

Bagaimanapun, pembayaran pajak itu tentu merupakan sumber yang sangat penting dari pembangunan negara. Begitu juga dengan pajak kendaraaan.

Korlantas Polri akan segera memberlakukan aturan tentang penghapusan data surat tanda nomor kendaraan (STNK) yang mati selama dua tahun.

Aturan tersebut termaktub dalam Pasal 74 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

“Kami ingin secepatnya, karena aturan ini sudah diundangkan sejak 2009,” kata Kakorlantas Polri Irjen Polisi Firman Shantyabudi melalui keterangan tertulis, Sabtu (30/7).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.