Ilmuwan Beberkan Awal Mula Virus Corona, Kebocoran Laboratorium Masih Diteliti

Dalam studi lain, para ilmuwan menganalisis keragaman genom virus di dalam dan di luar Tiongkok dimulai dengan genom sampel paling awal pada Desember 2019 dan berlanjut hingga pertengahan Februari 2020. Mereka menemukan bahwa dua garis keturunan – A dan B – menandai pandemi berawal di Wuhan.

Rekan penulis studi Joel Wertheim, seorang ahli evolusi virus di University of California, San Diego, menunjukkan bahwa garis keturunan A lebih mirip secara genetik dengan virus Corona kelelawar. Tetapi garis keturunan B tampaknya telah mulai menyebar lebih awal pada manusia, terutama di pasar.

Banyak ilmuwan percaya virus melompat dari kelelawar ke manusia, baik secara langsung atau melalui hewan lain.

Tetapi pada bulan Juni, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penyelidikan lebih dalam tentang apakah kecelakaan laboratorium mungkin menjadi penyebabnya. Kritikus mengatakan WHO terlalu cepat untuk mengabaikan teori kebocoran laboratorium.

Asal-usul pandemi tetap kontroversial. Beberapa ilmuwan percaya kebocoran laboratorium lebih mungkin terjadi dan yang lain tetap terbuka untuk kedua kemungkinan tersebut. (main2id)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan