Airlangga Hartarto: Mitsubisi Tambah Investasi Rp 10 T untuk Kembangkan Mobil Listrik

TOKYO – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, selama kunjungannya ke Jepang telah menghasilkan beberapa hasil konkrit untuk meningkatkan kerjasama perdagangan.

Pada pertemuannya denga CEO Mitsubisi Motor Coorporation (MMC) Takao Kato telah menghasilkan kesepakatan untuk penambahan investasi sebesar Rp 10 Triliun.

‘’Sejauh ini MMC telah menginvestasikan dananya di Indonesia sebesar Rp 11,3 Triliun,’’ kata Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Rabu, (27/7).

Investasi in akan digunakan untuk mengembangkan berbagai unit pabrik otomotif di Indonesia hingga tahun 2025.

Airlangga Hartarto mengatakan, pangsa pasar penjualan otomotif  di Indonesia sangat besar. Bahkan lebih besar dari Jepangnya sendiri.

Investasi ini nantinya akan digunakan untuk merancang berbagai produk otomotif sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Mitsubisi akan mengembangkan dua produk terbarunya dengan menggunaan teknologi ramah lingkungan  bertenaga listrik (Electric Vehiicle).

Sedangkan untuk produk kendaraan roda empat dengan jenis Xpander, Pajero Sport, telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Dari kesepakatan itu, pihak Mitsubisi bersedia menanamkan investasinya kembali dengan memberikan beberapa syarat. Termasuk memberikan pengurangan insentif pajak produk otomotif.

Menggapi hal ini Menko Airlangga Hartarto mengatakan, bahwa insentif pajak yang diberikan pemerintah Indonesia lebih kecil dibandingkan Thailand. Akan tetapi karena ada pengenaan pajak yang diberlakukan di daerah jadi proiduk automotif jadi lebih tinggi.

Untuk mengatasi masalah ini, Airlangga Hartarto berjanji akan segera melakukan kajian dengan pemerintah pusat untuk membahas pengenaan pajak daerah untuk pajak otomotif.

Untuk diketahui, di Indonesia PT Mitsubisi Motor Ktrama Yudha adalah pemegang lisensi untu produk kendaraan Mitsubisi.

MMKI terus meningkatkan kapasitas ekspornya sejak 2018 dengan 40 negara tujuan dan dalam waktu dekat menyiapkan ekspor ke negara Australia.

Saat ini total jumlah kendaraan yang telah di ekspor mencapai 72 ribu unit pada tahun ini. Dan ditargetkan akan mengalami peningkatan menjadi 98 ribu unit pada 2024 nanti.

Sementara itu CEO MMC Takao mengatakan, beberpa produk Mitsubisi yang mengedepankan ramah lingkungan akan segera diluncurkan.

Produk ini akan segera dilauching dalam waktu dekat untuk mendukung program pemerintah Indonesia yang tengah mengkampanyekan emisi gas karbon.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan