10 Nama Tempat yang Bikin Pusing Kepala saat Membacanya

Editor:

Jabarkekpres.com – Kamu mungkin bisa dengan mudah melafalkan dan mengingat nama-nama tempat tertentu. Namun, kamu belum tentu bisa mengeja dan mengingat 10 nama tempat paling panjang yang ada di dunia ini

Nama tempat satu huruf dapat membuat penulisan alamat cukup cepat dan mudah. Tetapi bagaimana dengan mereka yang berada di ujung skala karakter yang berlawanan? Berikut adalah 10 nama tempat terpanjang di dunia, beserta sejarahnya.

  1. Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu // Selandia Baru

Nama tempat terpanjang di dunia adalah 85 huruf dan mengacu pada sebuah bukit di Pulau Utara Selandia Baru yang dinamai menurut legenda lokal yang terkenal.

Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu adalah ungkapan Māori yang diterjemahkan menjadi “bersemayam Tamatea, pria dengan lutut besar, yang meluncur, mendaki dan menelan gunung, yang dikenal sebagai ‘landeater’, memainkan seruling untuk kekasihnya.”

Tamatea adalah nama seorang pejuang legendaris Selandia Baru, dan musik yang dimainkannya adalah untuk meratapi kehilangan saudaranya dalam pertempuran. Taumata juga merupakan istilah tradisional Māori untuk bukit atau puncak.

  1. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch // Wales

Nama tempat terpanjang kedua di dunia adalah 58 huruf. Kamu akan menemukan desa Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch di pulau Ynys Mn atau lebih dikenal Anglesey, di lepas pantai Wales.

Adapun jika nama tempat tersebut diterjemahkan, yakni “St. Gereja Maria di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air yang deras dan Gereja Saint Tysilio di gua merah.” Nama asli desa itu adalah Llanfair Pwllgwyngyll; itu diperpanjang pada tahun 1860-an dalam upaya untuk menarik lebih banyak wisatawan ke daerah tersebut.

  1. Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg // Massachusetts

Nama tempat terpanjang di Amerika Serikat berada di sebuah danau di Webster, Massachusetts. Penduduk setempat sangat bangga dengan nama danau yang terdiri dari 45 huruf itu—bahkan, upaya untuk mengubahnya pada 1950-an berhasil dikalahkan.

Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg adalah ekspresi Nipmuc; bahasa itu milik penduduk asli Nipmuc yang sekarang bernama Massachusetts.

  1. Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein // Afrika Selatan

Di Provinsi Barat Laut Afrika Selatan, kamu akan menemukan sebuah peternakan bernama Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein, yang berarti “Mata air tempat dua ekor kerbau disembelih dengan satu tebasan.”

Bahasa Afrika memang telah menghasilkan sejumlah kata panjang lainnya. Yang terpanjang adalah 136 huruf: Tweedehandsemotorverkoopsmannevakbondstakingsvergaderingsameroeperstoespraakskrywerspersverklaringuitreikingsmediakonferensieaankondiging (“Pengumuman konferensi media yang diterbitkan pada siaran pers mengenai pidato pertemuan kedua serikat pekerja mobil di sebuah pertemuan penting kedua dealer mobil.”

  1. Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea // Spanyol

Bahasa Basque (juga dikenal sebagai Euskara) adalah bahasa tertua di Eropa. Ini juga merupakan misteri linguistik: Basque tidak memiliki hubungan yang diketahui dengan bahasa lain, dan ahli bahasa tidak dapat melacak asal-usulnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.