Tokopedia Terapkan Hyperlocal untuk Penuhi Kebutuhan Harian

JAKARTA – Tren belanja online di platform aplikasi Tokopedia saat ini mengalami peningkatan signifikan berkat dukungan Hyperlocal dengan sistem Geo Tagging.

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, pada semester 1 2022 produk makanan dan minuman, fesyen, kebutuhan rumah tangga, elektronik adalah jenis barang yang paling banyak dicari konsumen.

Produk yang banyak diburu lainnya adalah minyak goreng. Produk ini banyak dicari untuk kebutuhan sehari hari para ibu rumah tangga,’’ ujar Ekhel dalam keterangannya kepada Jabarekspres.com, Jumat, (22/7).

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Tokopedia akan terus berusaha menyajikan produk-produk unggulan yang paling banyak dibutuhkan masyarakat.

Tokopedia juga akan menghadirkan inovasi dengan nama Hyperlocal yang menerapkan sistem Geo Tagging.

Teknologi ini akan memudahkan pengguna aplikasi mencari produk keinginannya dari yang terdekat dari tempat tinggalnya.

‘’Ini kan menjadi lebih mudah, belanja produk kebutuhan harian bisa lebih efisien karena ongkir lebih terjangkau,’’ ucapnya.

Ekhel mberharap, dengan inovasi ini,  pegiat usaha lokal khususnya UMKM akan terus tumbuh. Terlebih penjualan akan memiliki kesempatan sama.

Dengan penerapan Hyperlocal, saat ini Tokopedia mengalami peningkatan penjualan. Bahkan untuk wilayah Asmat, Tual, Jeneponto, Takalar dan Bantaeng meningkat sangat drastic transaksinya.

‘’Wilayah itu merupakan mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia selama semester I 2022 dibandingkan semester II 2021,’’ ujar dia.

Berbagai inovasi penjualan yang menarik pembeli lainnya adalah Home Living Salebrations, Tokopedia Nyam! Cantik Fest, Tokopedia Peduli Sehat dan Tokopedia Tekno.

Menurutnya, program-program penawaran tersebut memberikan keuntungan. Sebab, tidak sedikit promo penjualan dengan diskon besar diberikan kepada seluruh konsumen.

Berkat berbagai program tersebut. Salah satu yang menarik adalah, transaksi paling jauh dari Bandung ke Jayapura berhasil dilakukan sepanjang semester 1 2022.

Selain itu, E-Commerce terbesar di Indonesia ini mencatat banyanya transaksi yang terjadi antar pulau di Indonesia mengalami peningkatan signifikan selama semester I 2022

‘’Ini terjadi antara Sulawesi-Papua, Papua-Jawa serta Papua-Bali dan NTT. Sedangkan beberapa wilayah juga mengalami peningkatan transaksi di antaranya paling tinggi Pegunungan Bintang, Humbang Hasundutan, Jayawijaya, Takalar hingga Keerom,’’ pungkas Ekhel. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan