Marak Modus Penipuan, Tokopedia Minta Masyarakat Berhati-hati!

BANDUNG – Baru-buri ini beredar luas modus penipuan yang mengatasnamakan rekuitmen dari Tokopedia. Tawaran tersebut tersebar luas di media sosial maupun di WhatsApp Grup (WAG).

Menanggapi hal ini, Head of Recruitment, Lita Rosalia mengatakan, jika ada tawaran lowongan sebaiknya lakukan kroscek terlebih dahulu.

‘’Ini ada beberapa tips agar terhindar dari penipuan lowongan pekerjaan khususnya yang mengatasnamakan Tokopedia,’’ kata Lita dalam keterangannya, Jumat, (22/7).

Menurutnya, bagi para pencari kerja harus memastikan bahwa link rekuitmen tersebut berasal dari kanal resmi.

Adapun kanal resmi adalah sebagai berikut: https://www.tokopedia.com/careers/, Instagram @InsideTokopedia atau LinkedIn Tokopedia (https://id.linkedin.com/company/pt–tokopedia).

Selain itu, masyarakat harus memperhatikan alamat pengirim email. Sebab, pihaknya hanya akan mengirimkan email dari domain @tokopedia.com.

‘’Jadi harap waspada jika menerima email dari domain lain, seperti @tokopedia.co.id, @gmail.com dan lain-lain karena itu pasti bukan dari Tokopedia,” tegas Lita.

Lita juga meminta agar masyarakat berhati-hati dengan link phising. Link ini diberikan dengan harapan masyarakat pengguna gadget meng klik link tautan tersebut.

‘’Link Phising biasanya disebarkan melalui SMS, WhatsApps atau kanal mesegger lainnya,’’ ujar Lita.

Untuk itu, Lita menghimbau agar masyarakat berhati-hati dengan beragam modus penipuan dengan menggunakan link Phising ini.

Masyarakat pengguna Smatrphone jangan asal meng klik link phising tersebut. Sebab, jika itu dilakukan maka semua data akan tersadap.

“Jadi saya ingatkan kembali, jangan asal klik link yang diterima melalui pesan dari perekrut yang mengatasnamakan Tokopedia. Pastikan dahulu perekrut adalah betul dari pihak Tokopedia,” jelasnya.

Lita menambahkan, untuk perekrutan pegawai, Tokopedia tidak pernah melakukan pungutan dalam bentuk apapun. Sebab, selama ini proses rekrutmen 100 persen gratis,” kata Lita.

Selain itu, dalam proses rekuitmen proses penawaran gaji akan disampaikan melalui email resmi.

Sejauh ini, Tokopedia tidak pernah mencantumkan nominal gaji saat menawarkan pekerjaan, apalagi lewat pesan singkat.

Penawaran gaji akan diinformasikan Ketika calon pegawai tersebut dinyatakan lolos seleksi. Sehingga surat penawaran gaji akan disampaikan melalui emaik resmi dengan domain @tokopedia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan